News  

Bangkitkan Kejayaan Petani Madura, P4TM Pamekasan Gelar Deklarasi bersama Gubernur Jatim 

Petani Madura. (Foto: Rifqan A. Zarnoeji/Tugu Jatim)
Ketua P4TM Pamekasan Khairul Umam saat memberikan sambutannya di Jalan Raya Pasar Blumbungan–Larangan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Sabtu (06/08/2022). (Foto: Rifqan A. Zarnoeji/Tugu Jatim)

PAMEKASAN, Tugujatim.id – Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) menggelar deklarasi di aula bersama yang ada di Jalan Raya Pasar Blumbungan–Larangan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Sabtu (06/08/2022). Acara bertema “Menggugah Kejayaan Petani Tembakau Madura” ini untuk mengangkat kejayaan petani Madura.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin, Forkopimda se-Madura, Tokoh Nasional Putra Madura Ahsanul Qosasi, anggota DPR RI, anggota DPRD Pamekasan, habib dan ulama se-Madura, dan ormas Islam se-Madura. Selain itu, hadir juga perwakilan kades se-Madura, pengusaha tembakau, perwakilan kelompok tani se-Madura, serta para petani tembakau Madura dan pihak terkait lainnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, untuk produksi tembakau di Indonesia, sekitar 35% berasal dari Madura. Karena itu, saat ini bagaimana bisa menata regulasi supaya para petaninya untung dan sejahtera.

“Sebanyak 45% produksi tembakau Indonesia dari Jawa Timur, se-Indonesia sekitar 35% tembakau Indonesia dari Madura. Mengenai hal itu, sekarang bagaimana kami bersama-sama menata regulasi supaya petaninya untung dan sejahtera. Sementara itu, ada Bakorwil yang siap untuk dijadikan trading house bagi para petani tembakau se-Madura,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk mencapai kesejahteraan itu, dia sudah berkoordinasi dengan Bakorwil Pamekasan. Pihaknya siap untuk dijadikan trading house atau rumah dagang bersama bagi para petani tembakau se-Madura.

Sementara Khairul Umam selaku Ketua P4TM menyampaikan, menanggapi instruksi yang sudah disampaikan gubernur Jatim, dia akan menindaklanjuti dan berdiskusi dengan pemangku kebijakan. Tujuannya untuk membahas terkait anjloknya harga tembakau petani di Madura agar bisa mengembalikan kejayaan para petani Madura.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin bersama para tokoh masyarakat dan para pemangku kebijakan. Kami akan membangun sinergi untuk terus berupaya membangkitkan kejayaan para petani Madura,” tutupnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim