Banyak Diincar Calon Mahasiswa, Ini Kampus Terbaik di Klaster 1 dan 2 Jawa Timur

  • Bagikan
kampus UM
Suasana kampus Universitas Negeri Malang (UM). (Foto: Dokumen)

Setiap calon mahasiswa tentu ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi terbaik. Tolok ukur terbaik ini bisa dilihat dari berbagai hal, di antaranya seperti melalui akreditasi maupun urutan di klasterisasi perguruan tinggi. Lalu, manakah kira-kira kampus terbaik di Jawa Timur ini?

Pada 17 Agustus 2020, Kemendikbud telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia. Namun, perlu digarisbawahi bahwa klasterisasi bukan merupakan pemeringkatan melainkan pengelompokan perguruan tinggi yang sesuai dengan level perkembangannya.

Sebagai informasi, pada tahun ini terdapat 5 klaster perguruann tinggi. Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam di website resmi Kemendikbud, indikator klasterisasi pendidikan tinggi ini antara lain presentase dosen berpendidikan S3, presentase dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar, rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa, dan jumlah mahasiswa asing.

Berikut adalah daftar kampus terbaik di Jawa Timur berdasar klasterisasi Kemendikbud:

Daftar PT klaster 1-2 di Jawa Timur. (Dokumen)
  1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau biasa disingkat UNAIR merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berakreditasi A. Pada tahun ini, UNAIR masuk di jajaran perguruan tinggi klaster satu, tepatnya berada di urutan empat. Universitas yang memiliki tiga kampus utama di Surabaya ini memiliki 14 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Selain itu UNAIR juga memiliki Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Banyuwangi. RS UNAIR yang merupakan fasilitas milik perguruan tinggi juga ini sering menjalin kerja sama untuk riset di bidang kesehatan. Kampus ini kami rekomendasikan jadi kampus terbaik di Jawa Timur saat ini.

Informasi lebih lanjut tentang UNAIR dapat diperoleh melalui laman www.unair.ac.id

  1. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh November atau biasa disingkat ITS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di kawasan Surabaya timur. ITS memiliki akreditasi intitusi A dan pada tahun ini masuk di jajaran perguruan tinggi klaster satu, tepatnya berada di urutan 6. Jumlah fakultas yang dimiliki ITS adalah 7 fakultas yang terdiri dari bebera departemen (program studi). ITS juga sering menjadi langganan juara di kompetisi nasional maupun internasional. Perguruan tinggi ini memiliki keunggulan di bidang energi, maritim, kelautan, otomotif, IT, industri kreatif, dan MIPA.

Informasi lebih lanjut tentang ITS dapat diperoleh melalui laman www.its.ac.id.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB merupakan salah satu perguruan tinggi di Malang. Pada tahun ini UB berada di jajaran perguruan tinggi klaster satu, tepatnya di urutan 8 dan berakreditasi A. UB memiliki 16 fakultas yang secara keseluruhan terdiri dari 176 program studi. Pada penyelenggaraan SBMPTN 2020, UB masuk dalam 10 PTN terfavorit calon mahasiswa baru. Setidaknya ada kurang lebih 61.743 pendaftar dengan daya tampung sebanyak 6.021 kursi. UB juga sering menjadi salah satu perguruan tinggi dengan penyumbang peserta PIMNAS terbanyak. Dari banyaknya kampus terbaik di Jawa Timur khususnya Malang, perguruan tinggi ini sangat direkomendasikan.

Informasi lebih lanjut tentang UB dapat diperoleh melalui laman www.ub.ac.id.

  1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau biasa disingkat UM merupakan salah satu perguruan tinggi yang berpusat di Malang. Masyarakat juga sering menggunakan nama IKIP Malang untuk menyebut perguruan tinggi ini. UM memiliki 3 kampus yang terdiri dari dua kampus di Malang dan satu kampus di Blitar.

Pada tahun ini, UM berada di urutan 15 yang berarti menjadi perguruan tinggi urutan terakhir di klaster satu. Akreditasi institusi perguruan tinggi ini adalah A (sangat baik). UM sendiri memiliki 8 fakultas yang secara keseluruhan terdiri dari 120 program studi. Prestasi yang pernah diraih oleh UM salah satunya adalah Juara Umum MTQNM empat kali berturut-turut dari tahun 2016—2019.

Informasi lebih lanjut tentang UM dapat diperoleh melalui laman www.um.ac.id

  1. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya atau biasa disingkat UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi yang dikenal sebagai barometer pendidikan keguruan terbaik di Surabaya. Akreditasi institusi UNESA adalah A dan pada tahun ini berada di jajaran perguruan tinggi klaster 2, tepatnya di urutan 19. Saat ini UNESA memiliki 7 fakultas yang 4 fakultas di komplek Ketintang dan 3 fakultas di komplek Lidah Wetan. Fasilitas yang disediakan UNESA untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di antaranya seperti gedung perkuliahan, perpustakaan, pusat komputer, pusat bahasa dan poliklinik. Lulusan universitas ini juga diyakini dapat menjadi tenaga pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya.

Informasi lebih lanjut tentang UNESA dapat diperoleh melalui laman www.unesa.ac.id.

  1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra atau biasa disebet Universitas Petra merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Surabaya. Pada tahun ini, Universitas Petra menjadi perguruan tinggi swasta urutan tertinggi di Jawa Timur. Hal ini didasarkan pada klasterisasi Universitas Petra yang berada di jajaran perguruan tinggi klaster 2, tepatnya urutan 21. Universitas Petra terus berusaha memajukan dan memberdayakan SDM yang melalui kepedulian, wawasan global, teknologi informasi, kualitas dan unggulan, serta efektifias dan efisiensi. Universitas ini juga terus menjalin kerja sama dengan institusi nasional maupul internasional dengan tujuan agar peserta didik dapat memperoleh kesempatan belajar yang lebih luas.

Informasi lebih lanjut tentang Universitas Petra dapat diperoleh melalui laman www.petra.ac.id.

  1. Universitas Jember

Universitas Jember atau biasa disingkat UNEJ merupakan salah satu perguruan tinggi yang berpusat di Jember. UNEJ juga memiliki kampus yang terletak di Bondowoso, Lumajang, dan Pasuruan. Pada tahun ini, UNEJ masuk di jajaran perguruan tinggi klaster 2, tepatnya berada di urutan 22. UNEJ yang terdiri dari 16 fakultas ini menyelenggarakan berbagai program pendidikan sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, dan diploma. Bahkan ada beberapa fakultas yang menyelenggarakan program internasional. UNEJ juga terus berusaha untuk untuk melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi yang berkualitas serta berwawasan ecotechnopreneurship.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui laman www.unej.ac.id.

  1. Universitas Surabaya

Unversitas Surabaya atau biasa disingkat UBAYA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya. UBAYA sendiri memiliki tiga kampus, yakni di Ngagel, Rungkut, dan Outdoor Campus di Trawas .Akreditasi institusi UBAYA adalah A dan pada tahun ini berada di jajara perguruan tinggi klaster 2, tepatnya pada urutan 30. Sejak awal berdiri UBAYA berkominmen untuk mengutamakan kualitas, karakter, dan integritas. Lulusannya pun diharapkan memiliki Global Vision, Digital Mindset, dan Creativity Driven. UBAYA juga terus mengembangkan kerja sama dengan lembaga lain yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Informasi lebih lanjut tentang UBAYA dapat diperoleh melalui laman www.ubaya.ac.id.

  1. Universitas Islam Malang

Universitas Islam Malang atau biasa disingkat UNISMA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Malang. Pada tahun ini UNISMA masuk jajaran perguruan tinggi klaster 2, tepatnya di urutan 44. Dengan demikian UNISMA menjadi perguruan tinggi swasta dengan urutan tertinggi di Malang. Akreditasi intitusi UNISMA adalah B. UNISMA sendiri memiliki 11 fakultas dan 1 program pascasarjana. Tidak hanya itu saja, perguruan tinggi ini juga telah melaksanakan program merdeka belajar di semua program studi ini memiliki beragam fasilitas penunjang pendidikan, seperti gedung perkuliahan, laboratorium, lapangan, masjid, asrama, dan rumah sakit. Nah, ini tak hanya kampus terbaik di Jawa Timur, bahkan di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang UNISMA dapat diperoleh melalui laman www.unisma.ac.id.

  1. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau biasa disingkat UMM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Malang. Universitas yang memiliki 10 fakultas ini berakreditasi intitusi A..Pada tahun ini UMM masuk ke jajaran perguruan tinggi klaster 2, tepatnya berada di urutan 48. Hal ini tentu merupakan hasil dari deretan prestasi tingkat nasional maupun internasional yang telah diraih mahasiswa. UMM juga terus berusaha menghadirkan kampus yang kental akan suasana religius, multikultural, dan internasional.  Tidak hanya itu saja, jiwa entrepreneurship juga terus diusahakan agar senantiasa terimplikasi dalam proses pembelajaran dan pengajaran.

Informasi lebih lanjut tentang UMM dapat diperoleh melalui laman www.umm.ac.id.

  1. Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang atau biasa disingkat UNMER Malang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Malang. Universitas berakreditasi B ini, pada tahun 2020 masuk dalam jajaran perguruan tinggi klaster 2, tepatnya urutan 49. Dengan demikian universitas ini menjadi perguruan urutan terakhir di klaster 2. UNMER Malang terus berusaha menjalin kerja sama kemitraan dengan institusi dalam maupun luar negeri dengan prinsip kesetaraan. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan institusi yang memiliki reputasi nasional dan internasional.  Para lulusannya pun diharapkan berjiwa wirausaha dan berdaya saing internasional.

Informasi lebih lanjut tentang UNMER Malang dapat diperoleh melalui laman www.unmer.ac.id.

Nah, perguruan tinggi di atas adalah kampus-kampus terbaik di Jawa Timur yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk studi lanjutan setelah lulus SMA ini. Nah, kamu tertarik kuliah di mana nih dari perguruan tinggi di atas?

 

Penulis: Sindy Lianawati
Editor: Gigih Mazda

  • Bagikan