Begini Cara agar Warga Kabupaten Malang Mudah Donor Plasma Konvalesen - Tugujatim.id

Begini Cara agar Warga Kabupaten Malang Mudah Donor Plasma Konvalesen

  • Bagikan
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Jatim)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Belakangan donor plasma begitu dibutuhkan warga guna mempercepat penyembuhan pasien positif Covid-19. Di berbagai media sosial, netizen ramai-ramai me-repost postingan terkait kebutuhan donor darah plasma untuk seorang pasien maupun untuk kebutuhan rumah sakit yang menangani kasus Covid-19, termasuk di Kabupaten Malang.

Karena kebutuhan mendesak itulah, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto memperkenalkan terobosan agar mempermudah masyarakat melakukan dono plasma, caranya hanya dengan klik link http://bit.ly/Kuesioner_Donor_Darah_Plasma_Konvalesen.

Didik mengatakan, setelah mengisi data dan mendaftar, warga akan langsung dihubungi oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

“Kami mengajak warga yang pernah positif Covid-19 atau penyintas​ agar bisa berpartisipasi dalam melakukan donor plasma. Plasma darah konvalesen tersebut akan diberikan kepada warga yang masih sakit atau terpapar Covid-19,” terangnya saat dikonfirmasi Selasa (20/07/2021).

Didik menyadari jika donor plasma ini begitu krusial untuk mempercepat penanganan pasien positif Covid-19. Begitu pun jumlah pendonornya yang juga masih sulit dikumpulkan. Karena itu, dia mengungkapkan diperlukan sistem yang lebih efektif untuk mendapatkan pendonor.

“Secara teori mereka terinfeksi, maka dalam tubuhnya akan membentuk antibodi. Alhasil dapat mengatasi infeksi karena sudah ada antibodinya,” bebernya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang ini juga mengatakan, kriteria yang dibutuhkan sebagai pendonor di antaranya, orang yang pernah terinfeksi Covid-19 dan sudah dinyatakan negatif melalui tes PCR. Pendonor juga diutamakan adalah laki-laki, perempuan juga boleh melakukan donor plasma tapi yang diperbolehkan hanya yang belum pernah hamil.

“Pendonor akan diperiksa kesehatannya terlebih dulu oleh tim medis. Jadi, dapat diperoleh plasma darah yang berkualitas agar efektif menyembuhkan warga lainnya yang terpapar Covid-19,” ujarnya.

  • Bagikan