Belum Lunasi Biaya Haji, 21 Jamaah Tuban Gagal Berangkat ke Makkah Tahun Ini - Tugujatim.id

Belum Lunasi Biaya Haji, 21 Jamaah Tuban Gagal Berangkat ke Makkah Tahun Ini

  • Bagikan
Jamaah Tuban. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Ilustrasi pemberangkat haji asal Tuban. (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Sebanyak 21 calon jamaah haji (CJH) yang batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Pembatalan itu terjadi karena jamaah Tuban ini belum melakukan pelunasan pembiayaan haji.

Kepala Kantor Kemenag Tuban M. Mujir menyebutkan, banyak faktor 21 jamaah Tuban itu tidak mau melunasi pembiayaan haji. Di antaranya, ingin berangkat bersama pasangannya hingga faktor lainnya.

“Jamaah Tuban itu yang belum konfirmasi pembayaran pelunasan ke bank penerima setoran sejumlah 21 orang,” ujar Munir, sapaan akrab kepala Kantor Kemenag kelahiran Bojonegoro ini.

Munir melanjutkan, calon jamaah haji yang tidak melunasi biaya haji hingga batas waktu yang ditentukan ini akan digantikan kuota cadangan.

“Ini sesuai regulasi yang ada, sisa kuota akan diisi dengan CJH cadangan, tapi akan diatur sesuai urutan provinsi,” kata Munir saat memberikan materi Pembekalan Manasik Haji di Kantor KUA Kecamatan Tuban.

Dia juga mengimbau para jamaah Tuban agar selalu menjaga kesehatannya supaya tetap sehat dan fit. Selain itu, karena pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini masih di masa pandemi untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Yang jelas walaupun sudah ada beberapa pembatasan sudah dicabut, tapi tetap berjaga-jaga dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 588 CJH akan diberangkat ke Arab Saudi pada 4 Juni ke depan dalam gelombang kelompok terbang (kloter) bersama jamaah asal Bojonegoro dan Lamongan. Mereka akan masuk ke Asrama Embarkasih Surabaya sehari sebelum pemberangkatan. Rencananya, pemberangkatan dilakukan di kompleks Pendapa Kridha Manunggal Tuban.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan