Belum Sesuai Target, DPRD Trenggalek Beri Catatan Rekomendasi LKPj Tahun 2020 - Tugujatim.id

Belum Sesuai Target, DPRD Trenggalek Beri Catatan Rekomendasi LKPj Tahun 2020

  • Bagikan
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat sidang paripurna LKPj Kabupaten Trenggalek di gedung DPRD. (Foto: Zamz/Tugu Jatim)
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat sidang paripurna LKPj Kabupaten Trenggalek di gedung DPRD. (Foto: Zamz/Tugu Jatim)

TRENGGALEK, Tugujatim.id – Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah pada akhir masa jabatan 2020, dalam sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek memberikan catatan rekomendasi untuk segera ditindaklanjuti sebagai bentuk pertanggungjawaban Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2020, Senin (03/05/2021).

Dalam pencapaian target LKPj tersebut mengacu dalam visi-misi daerah, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Trenggalek Yang Maju, Adil, Sejahtera, Berkepribadian, Berlandaskan Iman dan Takwa,”. Dalam catatan rekomendasi DPRD dalam sidang paripurna menggarisbawahi yaitu pandemi Covid-19 bisa tertangani, pelayanan dasar harus sesuai protokol kesehatan. Kedua, pemulihan ekonomi dan yang ketiga menggali sumber-sumber pendapatan daerah.

Wakil Ketua DPR Trenggalek Doding Rahmadi menjelaskan, panitia khusus (pansus) DPRD Trenggalek telah menyelesaikan tugasnya dengan membuat rekomendasi untuk LKPj catatan Bupati Trenggalek.

“Misi Bupati Trenggalek sebenarnya ada 7. Dan dari 7 tersebut ada beberapa yang belum maksimal. Kami terus mengomunikasikannya dengan eksekutif, tentunya untuk mencapai herd immunity, paling tidak tahun 2021 masyarakat Trenggalek sudah melakukan vaksinasi,” jelas politikus PDIP Trenggalek itu.

Dalam narasi rekomendasi yang dibacakan dalam sidang paripurna LKPj menyebutkan, capaian misi daerah berdasarkan indikator sasaran, secara keseluruhan dari 61 target indikator sasaran untuk tahun anggaran 2020 sebanyak 48% target indikator kinerja sasaran telah berhasil dicapai. Untuk tahun tahapan akhir pelaksanaan RPJMD 2016-2021 (tahun percepatan pembangunan), capaian sebesar 49% tersebut tentu belum cukup membanggakan bahkan tergolong rendah (walaupun memang dapat dipahami bahwa tahun 2020 merupakan tahun pandemi Covid-19).

Untuk itu pada tahun berikutnya, yaitu 2021 sebagai tahun paling akhir RPJMD juga tahun transisi dengan RPJMD yang baru periode 2021-2026 tampaknya diperlukan kerja sangat keras lagi agar capaian kinerja sasaran misi daerah meningkat dan lebih membanggakan (lebih banyak target indikator kinerja tercapai/terlampaui).

Menanggapi catatan rekomendasi yang diberikan oleh DPRD, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan kesiapannya untuk menindaklanjuti beberapa catatan tersebut untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di Trenggalek.

“Akan kami tindak lanjuti catatan-catatan DPRD. Utamanya evaluasi terkait penanganan pandemi Covid-19,” ungkap Gus Ipin, sapaan akrabnya, kepada Tugu Jatim.

Selain itu, suami dari Novita Hardini Mochamad itu melanjutkan, utamanya terkait dengan capaian target-target yang ditetapkan dalam RKPD setiap tahunnya.

  • Bagikan