Berbalut Lumpur, Foto-Foto Dampak Letusan Gunung Semeru 2021

Berbalut Lumpur, Foto-Foto Dampak Letusan Gunung Semeru 2021

  • Bagikan
Terlihat lahan tertutup oleh abu vulkanik letusan Gunung Semeru, serta sejumlah pohon patah dan tumbang.
Terlihat lahan tertutup oleh abu vulkanik letusan Gunung Semeru, serta sejumlah pohon patah dan tumbang. (Foto: Bayu Eka Novanta)

Tugujatim.idGunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12/2021). Letusan kali ini terbilang jauh lebih dahsyat dibanding tahun 2019 lalu. Sebaran abu vulkaniknya menutupi hingga enam desa di Kabupaten Lumajang. Banyak rumah warga yang mengalami rusak ringan atau berat hingga roboh. Jembatan penghubung Lumajang-Malang turut terputus.

Sejumlah harta benda warga juga tak sedikit yang terendam abu vulkanik letusan Gunung Semeru. Terlihat kendaraan warga rusak. Sejumlah warga masih terus mengevakuasi diri dan mengungsi. Berikut foto-foto Bayu Eka Novanta, fotografer Tugujatim.id yang turun langsung ke lapangan.

Dampak letusan Gunung Semeru, Bayu Eka Novanta
Seekor kambing diikat pada pilar rumah warga yang terdampak abu letusan Gunung Semeru. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Dampak letusan Gunung Semeru, Bayu Eka Novanta
Kendaraan warga tidak tampak wujud aslinya karena tertutup oleh abu vulkanik letusan Gunung Semeru. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Warga mengamati aliran lahar dingin Gunung Semeru yang terlihat mengalir deras. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Sepeda warga yang tidak sempat diselamatkan saat Semeru Meletus, kini terpendam oleh abu vulkanik. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Rumah warga, tebing dan pohon-pohon tampak berwarna abu-abu karena tersiram abu vulkanik Semeru. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Warga yang menjadi korban letusan Gunung Semeru, tampak mengalami luka ringan di lututnya. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Warga bergegas menyelamatkan harta bendanya yang masih tersisa, juga berupaya untuk mengungsi. (Foto: Bayu Eka Novanta)
Warga berjalan pelan untuk mengecek kondisi rumahnya yang menjadi korban letusan Gunung Semeru. (Foto: Bayu Eka Novanta)
  • Bagikan