BMKG Peringatkan Potensi Banjir di Jawa Timur, BPBD Bojonegoro Persiapkan Jalur Evakuasi - Tugujatim.id

BMKG Peringatkan Potensi Banjir di Jawa Timur, BPBD Bojonegoro Persiapkan Jalur Evakuasi

  • Bagikan
Ilustrasi hujan deras.
Ilustrasi hujan deras. (Foto: Pexels)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut dalam tiga hari ke depan, wilayah Jawa Timur akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat, bahkan berpotensi banjir di beberapa wilayah.

Sesuai data dari BMKG, pada tanggal 19 sampai 21 November 2021, Bojonegoro menjadi satu dari beberapa wilayah di Jawa Timur yang berpotensi diguyur hujan hingga banjir dengan level siaga.

Untuk itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Ardhian Orianto, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan antisipasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi banjir bandang, banjir genangan, tanah longsor dan angin kencang.

“Antisipasi bisa berupa mempersiapkan jalur evakuasi dan tempat evakuasi yangg aman,” katanya saat dikonfirmasi Tugujatim.id, Jumat (19/11/2021).

Selain itu, apabila terjadi hujan disertai angin kencang dan petir, Ardhian meminta masyarakat menghindari berteduh di bawah pohon dan papan reklame.

“Selalu utamakan keselamatan jiwa, itu yang paling penting,” sambung Ardhian.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu memantau TMA (Tinggi Muka Air) aliran Bengawan Solo melalui website dan medsos resmi BPBD, agar diperoleh informasi yang akurat dan update.

Sesuai data dari BPBD Bojonegoro, terhitung pada 19 November 2021, Tinggi Muka Air Bengawan Solo mencapi 11.30 meter, artinya Ardhian menyebut, angka itu masih normal.

Dia melanjutkan apabila mengetahui adanya bencana, segera menghubungi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD.

  • Bagikan