Bupati Bojonegoro Serahkan Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi pada 368 Mahasiswa - Tugujatim.id

Bupati Bojonegoro Serahkan Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi pada 368 Mahasiswa

  • Bagikan
Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi. (Foto: Pemkab Bojonegoro/Tugu Jatim)
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah saat memberikan Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi secara simbolis. (Foto: Pemkab Bojonegoro)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Pemkab Bojonegoro kembali memberikan Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi tahun 2021 tahap II pada Rabu (29/12/2021). Pemberian beasiswa kepada mahasiswa ini tak lain untuk mendukung visi dan misi Pemkab Bojonegoro, khususnya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di wilayah Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah berharap, nantinya para penerima Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi yang sesuai dengan kriteria akan dimasukkan ke dalam pegawai pemerintahan Kabupaten Bojonegoro.

“Ke depannya yang telah mendapatkan Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi akan didata posisinya di mana, kuliahnya di mana, atau sudah kerja di mana sehingga nanti jika Pemkab Bojonegoro membutuhkan SDM bisa langsung dihubungi,” kata Bupati Anna.

Selain itu, Anna juga meminta penerima beasiswa menyampaikan kepada keluarga, tetangga, maupun teman yang telah sesuai dengan kriteria memenuhi syarat untuk diberikan beasiswa agar segera mengajukan ke Pemkab Bojonegoro.

Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi. (Foto: Pemkab Bojonegoro/Tugu Jatim)
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah bersama penerima Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi. (Foto: Pemkab Bojonegoro)

“Tahun 2022 mudah-mudahan bisa dilaksanakan dengan sistem pemantapan aplikasi meskipun kemarin sudah memakai tapi sekiranya belum mantap untuk mempermudah putra-putri Bojonegoro dalam mengakses beasiswa,” jelasnya.

Beasiswa bisa didapatkan dengan cara mendaftar melalui website, aplikasi atau datang langsung ke Front Desk Dinas Pendidikan Bojonegoro. Program beasiswa telah berjalan selama 3 tahun menggunakan APBD.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro Nur Sujito menjabarkan penerima Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi berjumlah 368 mahasiswa.

“Jumlah ini terbagi atas beasiswa dua sarjana satu desa lanjutan sebanyak 105 mahasiswa, beasiswa scientist lanjutan (122 mahasiswa), beasiswa dua sarjana satu desa yang baru (45 mahasiswa), beasiswa scientist yang baru (12 mahasiswa), dan beasiswa tugas akhir (80 mahasiswa),” ujar Nur Sujito.

Sementara untuk program yang lain yaitu penerima KPM 2020 sebanyak 24 mahasiswa dan tahun 2021 meningkat 82 mahasiswa. Sujito menjelaskan, untuk anggaran yang tersedia tahun 2021 yaitu Rp 19,7 miliar dan di tahun 2022 nanti meningkat menjadi Rp 29,6 miliar.

“Beasiswa tugas akhir tahun 2021 Rp 1,185 miliar, untuk tahun 2022 menjadi Rp 5 miliar,” tambahnya.

  • Bagikan