Bupati Malang Siap jika PPKM Darurat Harus Berjalan 6 Minggu

  • Bagikan
Bupati Malang, Sanusi menegaskan bahwa pihaknya siap jika PPKM Darurat harus berjalan selama 6 minggu. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Bupati Malang, Sanusi menegaskan bahwa pihaknya siap jika PPKM Darurat harus berjalan selama 6 minggu. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Rencana pemerintah pusat untuk memberlakukan PPKM Darurat selama 6 Minggu direspon oleh Bupati Malang, Muhammad Sanusi. Sanusi mengatakan siap melaksanakan hal tersebut jika memang seperti itu perintah dari pusat.

“Kalau di Kabupaten Malang selama itu perintah pusat maka tidak akan pernah menolak. Kita siap saja melaksanakan perintah pusat,” tuturnya saat dikonfirmasi pada Selasa (13/07/2021) di Pendopo Kepanjen, Kabupaten Malang.

Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini mengatakan bahwa selama itu ada instruksi dari kementerian maupun dari presiden itu akan ia ikuti.

Sanusi sendiri mengatakan jika PPKM Darurat ini efektif untuk menurunkan angka Covid-19 di Kabupaten Malang.

“PPKM Darurat ini efektif, cuman masyarakat diminta kesadarannya karena ini demi menyelamatkan nyawa orang lain. Jadi, keselamatan rakyat adalah hukum di atas segalanya,” tegasnya.

“Semakin hari ini semakin ada penurunan dan mobilitas sudah ada penurunan, kemudian kerumunan juga dilakukan operasi yustisi maupun pembubaran kerumunan. Katena dari situ (kerumunan) terjadi penularan,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan jika PPKM Darurat akan diperpanjang hingga 6 Minggu.

“PPKM darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19 dengan tujuan agar mobilitas masyarakat menurun signifikan,” terangnya pada Senin lalu (12/06/2021).

Sri Mulyani mengatakan jika perpanjangan ini karena melihat masoh masifnya penyebaran Covid-19 di Indonesia, terutama saat Covid-19 Varian Delta sudah mulai menyebar.

  • Bagikan