Capaian Vaksinasi Lansia Masih 31 Persen, Kota Batu Tetap Terapkan PPKM Level 3 - Tugujatim.id

Capaian Vaksinasi Lansia Masih 31 Persen, Kota Batu Tetap Terapkan PPKM Level 3

  • Bagikan
Seorang lansia tengah mendapat vaksin di Program Vaksinasi oleh Kwarcab Pramuka Kota Batu di Balai Kota Among Tani, Kamis (16/9/2021). (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Seorang lansia tengah mendapat vaksin di Program Vaksinasi oleh Kwarcab Pramuka Kota Batu di Balai Kota Among Tani, Kamis (16/9/2021). (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Kota Batu diharuskan tetap memberlakukan PPKM Level 3 hingga Rabu (22/9/2021) ini. Hal tersebut dipengaruhi capaian vaksinasi lansia di Kota Apel masih di angka 31 persen dari total target 20.174 yang disasar.

Padahal, berdasar asesmen dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Selasa (21/9/2021), Kota Batu sudah dinyatakan level 1. Hal ini seiring dengan penurunan kasus aktif Covid-19 belakangan ini.

Namun jika merunut Inmedagri Nomor 42 tahun 2021, kota wisata ini masih dinyatakan Level 3 lantaran capaian vaksinasi untuk lansia yang masih rendah.

”Inggih (iya, red) Kota Batu masih level 3 karena kemungkinan dilihat dari capaian vaksinasi untuk lansia yang masih rendah,” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto dikonfirmasi, Rabu (22/9/2021).

Onny mengungkapkan capaian vaksinasi lansia di Kota Batu hingga saat ini masih di angka 31 persen dari total target 20.174 lansia yang disasar.

”Sampai dengan lusa kemarin masih 31 persen karena saat ini PC care tidak bisa diakses,” ujar Onny yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini.

Seperti diketahui, menurut Inmendagri Nomor 42 tahun 2021, turun levelnya suatu wilayah dinilai dari capaian vaksinasi untuk masyarakat umum harus menyentuh angka 50 persen dan untuk lansia harus di atas 40 persen.

Untuk menuju level 2, cakupan untuk masyarakat umum harus menyentuh di angka 50 persen dan lansia 40 persen.

”Semoga dalam 2 pekan, capaian vaksinasi bisa terus digenjot. Terutama kepada lansia yang selama ini ada banyak kendala karena akses jarak,” kata dia.

Selain itu, Pemkot Batu sampai harus meminjam sekitar 50 ribu dosis vaksin ke Pemkab Malang demi membentuk herd immunity. Ditargetkan ada 7-8 ribu orang bisa divaksin perharinya selama 2 pekan kedepan.

  • Bagikan