MALANG, Tugujatim.id – Pandemi yang melanda selama hampir 3 tahun, kini membuat kampus perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, di Kota Malang mulai berbenah. Salah satunya dengan berlomba-lomba menggaet mahasiswa baru dengan promosi unik.
Biasanya pihak kampus menebar informasi pendaftaran mahasiswa baru melalui website, media sosial, media pemberitaan, reklame, hingga brosur. Tapi, kini informasi itu dirancang semenarik dan seunik mungkin agar tepat sasaran.
Cara kampus melakukan promosi unik di Malang ini bahkan mampu mengundang reaksi publik untuk lebih jauh mencari informasi kampus hingga detail. Kampus mana sajakah?
1. Universitas Brawijaya (UB) Malang
Kampus UB sudah tak asing lagi bagi masyarakat di seluruh penjuru negeri. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi, namanya telah dikenal sebagai kampus terkemuka dan salah satu yang terbaik di Indonesia.
Namun, baru-baru ini UB menjadi perbincangan publik hingga viral di media sosial. Sebab, sebuah kalimat “Good Looking” tertera dalam informasi yang menjadi salah satu persyaratan pendaftaran mahasiswa baru lho!
Promosi itu membuat publik bertanya-tanya. Namun, pihak kampus telah menjawab pertanyaan publik dengan menyiapkan dunia kerja di bidang perbankan yang juga memang mempersyaratkan hal itu.
Namun, tentu Good Looking bukan hanya sekadar persoalan cantik dan ganteng. Tapi, penampilan yang menarik, rapi, bersih, ramah, dan tentunya cara berinteraksi serta kualitas intelektualnya.
2. Universitas Negeri Malang (UM)
Kampus ini memiliki cara yang cukup unik dan menggelitik dalam menarik perhatian publik di promosi pendaftaran mahasiswa baru. UM memanfaatkan polemik Good Looking milik Universitas Brawijaya yang tengah diperbincangkan publik.
Melalui media sosialnya, UM menampilkan poster bertuliskan “Gak Perlu GOOD LOOKING Untuk Bisa Menjadi Mahasiswa UM”. Diketahui, kampus ini juga tengah membuka seleksi pendaftaran mandiri jalur portofolio.
Unggahan itu mendapat berbagai macam respons dari netizen, mulai dari cibiran, apresiasi, hingga guyonan. Cara UM ini nyatanya cukup ampuh dalam menarik perhatian publik dan tentunya informasi pendaftaran itu bisa tersampaikan ke sasaran.
3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Sedikit melebar dari pendaftaran mahasiswa baru, kampus UMM mengunggah poster unik di media sosialnya. Poster itu bertuliskan “Kalo ini MyUMM, Kalo kamu MyEverything” lengkap dengan logo My UMM dan foto mahasiswinya.
Unggahan itu direspons netizen dengan nada guyonan “Apa jadi kolaborasi sama my pertamina min?” tanya netizen. “Jadi gini, Kak… Kan kita dah punya SPBU tuh,” jawab UMMCampus.
Namun diketahui, kampus ini juga tengah membuka seleksi pendaftaran mahasiswa baru dengan berbagai jalur di tahun ini. Mulai jalur yatim atau yatim piatu, jalur prestasi, hingga jalur reguler.
Informasi pendaftaran tersebut juga terpampang dalam sejumlah unggahan kampus UMM di media sosialnya. Tentu informasi itu dikemas dalam poster yang tak kalah menarik untuk bisa tersampaikan kepada sasarannya.
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim ,
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim