Cara Merawat Rambut agar Tetap Berkilau dan Tidak Kusam

  • Bagikan
Ilustrasi perempuan yang memiliki rambut panjang. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi perempuan yang memiliki rambut panjang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Mempunyai rambut yang indah, lebat, berkilau, dan segar merupakan dambaan semua orang, terutama perempuan. Apalagi untuk kalian yang mempunyai rambut yang panjang, menjaga keindahannya merupakan salah satu hal yang wajib diketahui. Merawat rambut butuh perhatian khusus, tapi bukan berarti sulit. Berikut Tugu Jatim sudah menuliskan tips-tips agar kita bisa mempunyai rambut yang indah.

1. Coba potong ujung rambut secara teratur dan rutin

Bagian yang paling memperoleh banyak nutrisi ialah pangkal rambut yang dekat dengan kulit kepala, sedangkan bagian ujung rambut kadang sudah kekurangan nutrisi, sehingga sebagian ujung rambut menjadi kering, berkerut, kusam dan rusak. Oleh sebab itu, kita perlu memotong ujung rambut dengan rutin dan teratur agar kerusakan ujung rambut tidak merambah ke bagian lainnya. Selain itu, membuat rambut kita tampak lebih indah.

2. Perlu memperhatikan gaya rambut dan cara kita menyisirnya

Rambut perempuan yang panjang akan lebih indah bila tampak lurus dan rapi. Hal itu perlu dibiasakan melalui cara kita menyisir rambut, pemakaian sisir yang cocok dan sesuai dengan rambut agar tidak semakin merusak, jangan terlalu keras menyisir rambut serta jangan membuat rambut tertekan jadi perlu menyisir ke arah yang membuat rambut itu tampak lebih leluasa. Jangan menyisir rambut saat basah, karena kemungkinan menjadi kusut sangat tinggi.

3. Lindungi rambutmu dengan baik, apalagi saat keluar rumah

Saat kalian keluar rumah, banyak sekali debu-debu yang bertebaran di jalanan. Hal itu perlu diperhatikan, agar rambut tetap terjaga dengan baik pakailah pelindung. Entah semacan kerudung, topi, atau memakai bahan semacam hair sunscreen yang dapat melindungu rambut dari sinar ultraviolet matahari yang sedang terik di tengah siang hari. Jangan pakai terlalu sering hair dryer, karena itu sangat panas dan membuat rambut bisa rusak.

4. Beri nutrisi yang baik untuk rambutmu

Selain melakukan tips-tips tadi, juga perlu dibarengi dengan pemakaian bahan-bahan alami yang bisa membuat rambut terjaga dengan baik. Banyak sekali bahan alami dan buatan yang mengandung banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan rambut. Misalkan seperti lidah buaya dan semacamnya. Atau memakai shampoo yang cocok untuk rambut kita.

5. Frekuensi keramas juga perlu diperhatikan

Keramas merupakan kegiatan yang baik untuk membersihkan rambut, namun kita juga perlu memperharikan frekuensi pemakaian shampoo atau melakukan keramas, karena semakin sering kita keramas juga bisa menimbulkan rambut menjadi rusak. Keramas dua sampai tiga kali dalam seminggu sudah cukup.

Itulah tips menjaga rambut agar tetap berkilau, segar dan terawat dengan baik. Semua orang memang ingin mempunyai rambut yang bagus dan terlihat indah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan