Cegah Abrasi, Koramil Bancar Bersama Masyarakat Tanam Mangrove di Margosuko Tuban

Cegah Abrasi, Koramil Bancar Bersama Masyarakat Tanam Mangrove di Margosuko Tuban

  • Bagikan
Forkompimka Bancar dan sejumlah komunitas pencinta alam melakukan tanam pohon mangrove di bibir pantai utara Tuban, tepatnya di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar pada Jumat (8/4/2022).
Forkompimka Bancar dan sejumlah komunitas pencinta alam melakukan tanam pohon mangrove di bibir pantai utara Tuban, tepatnya di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar pada Jumat (8/4/2022). (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Koramil Bancar Kabupaten Tuban bersama masyarakat melakukan penghijauan dengan menanam 1.000 bibit mangrove di bibir pantai utara Tuban, tepatnya di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar pada Jumat (08/04/2022).

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi abrasi laut sekaligus implementasi program Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2022 Kodim 0811 Tuban.

Danramil Bancar, Kapten Arm Hendri Prihantono, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem di wilayah Kabupaten Tuban.

“Jadi penanaman pohon mangrove di Desa Margosuko wilayah Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban ini memiliki kekhususan dalam perawatan lingkungan agar tidak terjadi pengikisan di bibir pantai (Abrasi Laut),” ungkap Kapten Arm Hendri Prihantono.

Hendri menambahkan, pihaknya mengajak semua kalangan masyarakat dan pegiat lingkungan hidup untuk selalu bersemangat menjaga lingkungan. Karena itu tema dalam kegiatan tersebut adalah Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa.

Sementara itu, Camat Bancar, Mastar, dalam sambutannya mengatakan dengan ditanamnya  mangrove di sekitar bibir pantai, harapannya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Juga untuk menjaga ekosistem perairan dan mengurangi pemanasan global serta mencegah mengurangi abrasi laut.

“Mari kita selamatkan ekosistem alam, salah satu caranya ya ini. Menanam pohon,” terangnya.

Sedangkan Kades Margosuko, Kramayuda, mengucapkan terima kasih kepada Bancar beserta Saka Wira Kartika (SWK) dan Komunitas Masyarakat Pecinta Lingkungan yang telah peduli terhadap lingkungan desanya.

“Mari bersama-sama mewujudkan lingkungan yang hijau, serta lebih peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita ini,” ajak Kades.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

  • Bagikan