Ceker Lapindo, Kuliner Sidoarjo yang Wajib Anda Coba

Ceker Lapindo, Kuliner Sidoarjo yang Wajib Anda Coba

  • Bagikan
Ceker Lapindo Sidoarjo, rasanya makyus.
Ceker Lapindo Sidoarjo, rasanya makyus. (Foto: Tasya Oktavia Permatasari)

SIDOARJO, Tugujatim.idCeker Lapindo merupakan salah satu kuliner Sidoarjo yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke Kota Udang ini. Nama ceker ini diambil dari bencana besar yang pernah menimpa Sidoarjo tahun 2006 silam, yaitu semburan lumpur Lapindo yang merendam banyak rumah warga.

Walaupun begitu, ceker ini tidak sekedar mengambil nama dari peristiwa tersebut, melainkan ingin memetaforkan atau menyimbolkan rasa dari makanan tersebut, yaitu pedas. Jadi kira-kira, rasa pedasnya di mulut seperti lumpur yang menghancurkan rumah-rumah warga. Tentu saja, ini sebuah sensasi.

Salah satu penjual ceker ini adalah Warung Anik Ceker Lapindo yang berada di Jl Dr Soetomo No12 Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Lokasinya dekat dengan Alun-alun Sidoarjo. Warung ini buka hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Warung ceker yang didirikan pada 8 Agustus 2009 tersebut memiliki 8 varian menu. Namun menu yang ditonjolkan dan bestseller adalah Ceker Lapindo. Varian menu pedas lainnya yaitu Mentega Pedas dengan rasa pedas manis, Rica-Rica dengan rasa pedas sedang, dan Balajo rasa pedas dengan irisan cabai hijau. Sementara, Ceker Lapindo adalah menu terpedas ketimbang yang lain.

Nah, buat kamu yang tidak suka atau tidak bisa makan pedas jangan khawatir. Masih ada 4 varian menu yang tidak pedas, yaitu Gulai, Asam manis, Mentega Manis, dan Sop. Mekipun pesan yang tidak pedas tapi bisa tambah kuah pedas untuk menambah sensasi pedas. Kamu tahu? Pedasnya membuat nafsu makan meningkat cuy!

Selain itu, Warung Anik Ceker Lapindo juga menyediakan tempat untuk makan di tempat atau bisa dibawa pulang. Tidak perlu khawatir kuah dingin karena semua menu dimasukkan ke dalam termos. Sehingga panas kuahnya tetap terjaga. Satu porsi berisi 6 buah ceker. Harganya terjangkau berkisar Rp 20.000 ke bawah.

Ceker Lapindo menjadi salah satu kuliner wajib selain Kupang Lontong di Sidoarjo. Sensasi pedasnya dijamin cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

  • Bagikan