Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Pemkot Batu Hadirkan Mal Pelayanan Publik di Tahun 2022

Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Pemkot Batu Hadirkan Mal Pelayanan Publik di Tahun 2022

  • Bagikan
Sebagai ilustrasi, Balai Kota Among Tani Kota Batu.
Sebagai ilustrasi, Balai Kota Among Tani Kota Batu. (Foto: M Sholeh)

BATU, Tugujatim.idMal Pelayanan Publik (MPP) tak lama lagi akan terealisasi di Kota Batu. Pembangunannya direncanakan pada tahun 2022 mendatang dan akan berlokasi di Gedung B Balai Kota Among Tani Kota Batu yang saat ini adalah Kantor DPMPTSP-TK (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja).

Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu, menerangkan MPP ini diharapkan bisa membuat pelayanan publik di Kota Batu jadi efisien dan efektif. Sehingga, tingkat kepuasan masyarakat ikut terkerek.

”Nanti, setidaknya ada sekitar 130 pelayanan di sana. Mulai pelayanan DPMPTSP-TK Kota Batu baik itu perizinan dan non perizinan, juga ada pelayanan Bapenda dan Dispendukcapil,” jelas Punjul, Rabu (29/12/2021).

Menurut Punjul, kedepan akan dihadirkan lagi pelayanan di luar instansi Pemkot Batu. Diperkirakan ada 18 instansi pelayanan seperti Polres Batu, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PLN, perbankan, dan lain-lain.

Punjul menerangkan jika pelayanan terpadu bagi masyarakat Kota Batu ini pada tahun depan menjadi prioritas Pemkot Batu. Dalam hal ini, MPP memang terinspirasi dari MPP di Kabupaten Badung, Bali. Di sana, pelayanan masyarakat bisa maksimal.

Selain itu, rencana MPP ini juga mengacu pada Perda Kota Batu Nomor 9 Tahun 2017 tentang Mall Pelayanan Publik.

“Ini juga sebagai upaya kami menindaklanjuti Peraturan Kemenpar RB nomor 23 tahun 2017 tentang MPP,” pungkasnya.

  • Bagikan