Ciptakan Ketertiban Antar Perguruan Silat, Polres Bojonegoro Gelar Cangkrukan Kamtibmas - Tugujatim.id

Ciptakan Ketertiban Antar Perguruan Silat, Polres Bojonegoro Gelar Cangkrukan Kamtibmas

  • Bagikan
Cangkrukan Kamtibmas. (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Suasana Cangkrukan Kamtibmas bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bojonegoro dan Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) yang digelar Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad bersama Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudho Purwanto, Sabtu (15/01/2022). (Foto: Istimewa)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Untuk memantapkan dan menguatkan penanganan konflik sosial, Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad bersama Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudho Purwanto menggelar Cangkrukan Kamtibmas bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bojonegoro dan Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP), bertempat di Gedung AP I Rawi Polres Bojonegoro, Sabtu (15/01/2022).

Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad mengatakan, Cangkrukan Kamtibmas ini untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan perselisihan antar perguruan pencak silat di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, untuk meningkatkan peran BKP dalam rangka Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (harkamtibmas).

“Wadah BKP dan IPSI sama-sama senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri untuk mewujudkan kondisi yang guyub dan damai sehingga masyarakat Bojonegoro merasa nyaman serta pembangunan dapat berjalan dengan lancar,” kata kapolres.

Dalam pertemuan itu, dia juga meminta BKP bersama polsek jajaran untuk tetap melaksanakan kegiatan patroli dan merazia atribut-atribut kelompok dan komunitas yang dapat menimbulkan kegaduhan serta gesekan.

AKBP Muhammad menambahkan, seluruh perguruan silat yang ada di Bojonegoro harus saling berkoordinasi, melakukan pengawasan, dan saling mengingatkan kepada teman-temannya untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Cangkrukan Kamtibmas. (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Peserta Cangkrukan Kamtibmas foto bersama pada Sabtu (15/01/2022). (Foto: Istimewa)

“Bojonegoro Kampung Pesilat merupakan mitra Polres Bojonegoro dalam menciptakan perdamaian dan rasa aman bagi masyarakat, kita harus selalu ingat BKP dibentuk atas asas kekeluargaan dan tujuan terbentuknya BKP agar menjaga kamtibmas di Kabupaten Bojonegoro,” ucapnya.

Pihaknya mengapresiasi atas kerja sama yang telah dilaksanakan BKP sehingga terciptanya situasi yang aman, damai, dan kondusif.

Sementara itu, Ketua BKP Kang Mas Wahyu Subagdiono mengatakan, BKP mengapresiasi adanya kegiatan Cangkrukan Kamtibmas ini. BKP sebagai mitra kepolisian siap untuk membantu dalam menjaga situasi Kabupaten Bojonegoro tetap kondusif, aman, dan terkendali.

“BKP di tingkat kecamatan sudah solid dan setiap malam melaksanakan patroli bersama antara polsek, koramil, dan BKP. Kami tambahkan BKP bersama IPSI akan selalu mendukung tugas dari TNI dan Polri untuk menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Bojonegoro,” ucapnya.

  • Bagikan