Coba Tebak! 5 Kota Santri di Indonesia

Coba Tebak! 5 Kota Santri di Indonesia

  • Bagikan
Para santri sedang belajar bersama di bawah tiang bendera/tugu jatim
Para santri sedang belajar bersama di bawah tiang bendera. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – “Suasana di kota santri asik senangkan hati,” begitulah penggalan lirik lagu kasidah Kota Santri yang terkenal itu. Lagu ini dipopulerkan oleh Nasida Ria pada tahun 1980. Rasanya petikan itu juga cocok untuk menggambarkan beberapa kota yang ada di Indonesia. Indonesia, sebagai salah satu penduduk muslim terbesar dunia memiliki beberapa kota yang disebut Kota Santri. Dikutip dari pegipegi.com berikut 5 Kota Santri di Indonesia.

1. Gresik

Pernahkah Anda mendengar nama Sunan Gresik atau Sunan Maulana Malik Ibrahim? Dia adalah yang pertama kali menyebarkan Islam di tanah Jawa lho! Nah, Kota Gresik adalah tempat di mana dia dimakamkan. Menjadi rumah bagi makam dua tokoh penyebar agama Islam paling penting, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim, maka tidak heran, bila kamu menemukan beragam pondok pesantren yang cukup berpengaruh di Gresik serta taman pendidikan Alquran. Dari banyaknya pesantren dan taman pendidikan Alquran inilah yang membuat Gresik disebut Kota Santri.

2. Jombang

Selanjutnya, apakah kalian pernah mendengar Pondok Pesantren Tebuireng? Atau nama ulama besar Kiai Hasyim Asy’ari? Dia lahir di Jombang sekaligus pendiri Ponpes Tebuireng. Jombang berada di Provinsi Jawa Timur dan cukup tersembunyi dari keramaian. Namun, sebutan Kota Santri membuat Jombang terasa dekat dengan para penikmat wisata religi.

Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pondok pesantren terkenal dan juga modern yang biasa terdengar di telinga seperti Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA), dan Darul Ulum (Rejoso). Deretan pesantren ini melahirkan banyak sekali tokoh-tokoh kenamaan, salah satunya wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin.

3. Sukabumi

Dari Jawa Timur, kita beralih ke Jawa Barat yakni Kota Sukabumi. Lokasinya cukup dekat untuk dijangkau dari Jakarta dan Bogor. Ini membuat Sukabumi sebagai Kota Santri yang strategis. Kehadiran Tugu Asmaul Husna di tengah kota seakan mengokohkan status Sukabumi sebagai salah satu kota santri di Indonesia.

Tak hanya itu, acara peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri juga diperingati di Sukabumi secara rutin. Bahkan sejak berdiri, Sukabumi sudah memiliki banyak pondok pesantren dengan masyarakatnya yang menuntut ilmu sebagai santri. Salah satu destinasi religi yang wajib kamu kunjungi saat main ke Sukabumi adalah Makom Karomah Karamatjaya.

4. Martapura

Kalau tadi kita masih membahas Pulau Jawa, kali ini kita akan ke luar Pulau Jawa. Di luar Jawa yang mendapat predikat sebagai Kota Santri yakni Kota Martapura. Selain disebut sebagai Kota Santri, Martapura yang terletak di Kalimantan Selatan ini ternyata juga disebut sebagai Serambi Mekkah.

Dikutip dari Seputar Lampung, Martapura memiliki banyak sekali pondok pesantren yang bagus dan juga modern, salah satunya Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

5. Jember

Nah yang terakhir adalah Jember, Kota ini dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang juga mendapat julukan sebagai Kota Santri Dilansir dari Seputar Lampung, pondok pesantren banyak tersebar hingga ke pelosok desa di Jember. Santri yang menuntut ilmu berasal dari banyak daerah di Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Ponpes Al Qodiry yang juga menjadi salah satu destinasi wisata religi Wali Songo.

Selain pondok pesantren, pendidikan Islam di kota yang juga mendapat predikat kota tembakau ini juga berkembang pesat. Salah satunya Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember atau STDIIS. Sejumlah pendidikan Islam berbasis penghafal Alquran juga banyak diminati para santri dari luar kota.

  • Bagikan