Corona B.1.1.7 Tiba di Indonesia, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 5 Cara Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi virus corona dan Covid-19. (Foto: Unsplash) tugu jatim dikdukcapil bojonegoro
Ilustrasi virus corona dan Covid-19. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Tepat 1 tahun corona menyerang Indonesia. Namun, virus ini kembali dengan varian terbaru, yaitu corona B.1.1.7. Varian ini ditemukan kali pertama di Indonesia pada Selasa (02/03/2021).

Dilansir dari New York Times, varian ini ditemukan di Inggris pada akhir November 2020. Virus tersebut diketahui telah menyebar ke lebih dari 50 negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Brasil, Australia, dan saat ini telah berada di Indonesia. Dibandingkan dengan Covid-19, nyatanya penyebaran Corona B.1.1.7 ini diperkirakan 50 persen lebih cepat.

Untuk itu, agar meningkatkan kesadaran akan menjaga protokol kesehatan (prokes) serta meningkatkan imunitas tubuh. Berikut Tugu Jatim menjabarkan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menangkal virus tersebut :

1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan, tapi sering sekali hal ini diremehkan. Banyak yang beralasan tidak dapat berolahraga karena kesibukan yang memakan waktu. Nyatanya, Anda dapat menyisihkan waktu 15 menit saja per hari untuk berolahraga di dalam 24 jam lho.

Aktivitas ini tentu sangat menyehatkan dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain menjaga kesehatan, tentu olahraga ini memiliki banyak manfaat lainnya seperti menyeimbangkan berat badan, mengurangi stres, dan masih banyak manfaat lainnya.

Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan dalam 15 menit adalah jogging, bersepeda, maupun sekddar workout seperti push up, sit up, dan lain sebagainya.

2. Mengonsumsi Susu Beruang

Susu beruang atau yang dikenal sebagai Bear Brand memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Susu beruang ini memiliki kandungan yang bergizi seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D yang tentunya penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Beberapa khasiat yang dimiliki oleh susu beruang adalah untuk meningkatkan imun tubuh, membersihkan aliran darah, dan lain-lainnya. Bahkan, tak jarang saat ini pasien yang terserang virus Covid -19 mengonsumsi susu beruang untuk membantu penyembuhannya.

3. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk menguatkan imunitas tubuh. Vitamin ini tentu sangat mudah ditemukan di mana pun dan dapat dikonsumsi kapan pun. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk, pepaya, kiwi, dan lain sebagainya.

Tak hanya buah-buahan, untuk Anda yang suka dengan cara praktis maka dapat menggunakan suplemen vitamin C yang tentunya sudah banyak beredar di toko-toko terdekat.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur tentu merupakan hal yang sangat mudah dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan berjemur, tentu Anda secara tidak langsung akan mendapatkan kandungan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Beruntungnya, Indonesia memiliki iklim tropis sehingga selalu mendapatkan sinar matahari. Karena itu, seharusnya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jam terbaik untuk berjemur adalah pukul 08.00-10.00.

5. Tetap Gunakan Masker meski Bertemu dengan Kerabat Terdekat!

Berlangsungnya virus Covid-19 yang tak kunjung usai ini tentu membuat masyarakat merasa jenuh dan sudah mulai lengah terhadap prokes yang dianjurkan. Beberapa masih terlihat patuh, tapi ketika sudah bertemu dengan kerabat terdekat, tak jarang yang yakin untuk melepas maskernya.

Nyatanya, kita tidak tahu apa yang terjadi pada kerabat terdekat karena virusnya kasatmata. Karena itu, sebaiknya kita tetap berwaspada ketika berada di luar rumah serta menggunakan masker yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan. Stay healthy guys! (Adinda Novira/ln)

  • Bagikan