Curi Kayu Milik Perhutani, Warga Madiun Diamankan Polres Bojonegoro

  • Bagikan
Sesi konferensi pers kasus pencurian kayu atau illegal logging di Polres Bojoneogoro, Selasa (26/1/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Sesi konferensi pers kasus pencurian kayu atau illegal logging di Polres Bojoneogoro, Selasa (26/1/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Pelaku laki-laki berinisial DM (39) yang melakukan penebangan kayu secara liar atau illegal logging di wilayah Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Bojonegoro setelah mendapat laporan dari pihak Perhutani.

Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia dalam konferensi pers di Taman Reskrim Polres Bojonegoro menjelaskan bahwa pelaku yang merupakan warga Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ini sengaja melakukan penebangan pohon di kawasan Perhutani tanpa izin dari pejabat yang berwenang.

“Pelaku ini aslinya orang Madiun, dan melakukan pencurian kayu di Hutan Padangan untuk dijual di wilayah Saradan, namun sudah tertangkap oleh pihak kepolisian,” ujar AKBP EG Pandia.

Dijelaskan, pelaku pencurian kayu tersebut melakukan aksinya pada Minggu, 21 Juni 2020 sekitar pukul 00.00 WIB di Kawasan hutan petak 10 C sepanjang Desa Ngepet Kecamatan Padagan Kabupaten Bojonegoro.

Bersama barang bukti yang berhasil diamankan, berupa 1 buah gergaji besi, dan 1 buah gergaji mesin, kini pelaku telah mendekam di jerusi besi Mapolres Bojonegoro.

Dari perbuatanyya tersebut, pelaku dikenakan Pasal 82 ayat 1 huruf B Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman hukuman 5 (lima) tahun penjara. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan