Daftar Instansi dan Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Simak Yuk! - Tugujatim.id

Daftar Instansi dan Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Simak Yuk!

  • Bagikan
Pelamar CPNS Kementerian ESDM saat mengikuti tes kemampuan dasar di Kantor Regional X BKN Denpasar beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen/ESDM)
Pelamar CPNS Kementerian ESDM saat mengikuti tes kemampuan dasar di Kantor Regional X BKN Denpasar beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen/Kementerian ESDM)

Tugujatim.id – Pendataran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dibuka tanggal 31 Mei hingga 21 Juni 2021. Informasi tersebut disampaikan melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Formasi lulusan SMA/SMK menjadi yang paling menarik. Hal ini terbukti dari jumlah pelamar lulusan ini yang mencetak terbanyak di setiap tahun jika dibandingkan dengan pelamar dari strata lainnya. Nah, berikut daftar 6 instansi yang membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK pada seleksi penerimaan CPNS mendatang. Apa saja?

1. Kejaksaan Agung

Berdasarkan pengumuman pelaksanaan seleksi CPNS 2019, total lowongan Kejaksaan Agung sebanyak 2.000 formasi untuk lulusan SMA.

Dua jabatan sebagai pengawal tahanan dan pengemudi, masing-masing 1000 formasi. Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum.

2. Kemenkumham

Pada periode bukaan CPNS sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumkam) membuka paling banyak lowongan terbesar dengan syarat yaitu lulusan SMA/SMK/MA.

Rinciannya, sebanyak 2.875 diperuntukkan bagi lulusan SMA dengan posisi sebagai penjaga tahanan atau sipir. Sebanyak 101 dikhususkan bagi putra/putri Papua dan Papua Barat dan sebanyak 2.774 diambil dari umum.

3. Kementerian LHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengalokasikan sebanyak 2.875 calon untuk ditempatkan di 33 provinsi yang tersebar di Indonesia. Sedangkan lowongan lain yaitu sebagai pemeriksa keimigrasian pelaksana atau pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi, yakni sebanyak 9 formasi Papua dan 588 umum.

4. Kemendikbud

Berdasarkan keputusan resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No: 126533/A.A3/KP/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019, terdapat 11 formasi yang terbagai ke dalam 3 jabatan.

Jabatan yang dibuka lowongan terdiri dari pengadministrasi keuangan sebanyak 3 formasi, teknisi laboratorium 2 formasi, dan teknisi penggambaran & pemetaan sebanyak 6 formasi.

5. Kementan

Pada seleksi pendaftaran CPNS 2019, Kementerian Pertanian (Kementan) hanya menerima pendaftar dari lulusan SMK sederajat.

Berdasarkan pengumuman Nomor: 4456/KP.110 /A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019, terdapat 45 formasi yang dibuka.

Diantara pembagian jabatannya meliputi pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan 26 kursi, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner 9 kursi pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman 2 kursi, pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan 5 kursi, pemelihara kebun 2 kursi, dan pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, 1 kursi.

6. BIN

Sebanyak 200 lulusan SMA atau sederajat dibutuhkan untuk mengisi jabatan sebagai pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Selain mengetahui formasi yang disediakan, peserta juga diwajibkan untuk melakukan persiapan memenuhi persyaratan bagi pendaftar CPNS 2021/2022. Informasi selengkapnya, calon pelamar dapat mengakses situs resmi sscnbkn.win.

Referensi: SSCN BKN

  • Bagikan