Danramil 06 Nguling Salurkan Zakat Fitrah Lewat Cara Door to Door - Tugujatim.id

Danramil 06 Nguling Salurkan Zakat Fitrah Lewat Cara Door to Door

  • Bagikan
Personel Koramil 06 Nguling menyerahkan zakat fitrah secara door to door ke rumah warga yang berhak, Senin (10/5/2021). (Foto: Kodim Pasuruan)
Personel Koramil 06 Nguling menyerahkan zakat fitrah secara door to door ke rumah warga yang berhak, Senin (10/5/2021). (Foto: Kodim Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, sama seperti tahun sebelumnya, Koramil 0819/06 Nguling menyalurkan zakat fitrah pada fakir miskin dan kaum duafa serta warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Senin (10/05/2021). Di mana pihaknya melakukan ini dengan mendatangi langsung ke rumah warg yang membutuhkan alias door to door.

Pembagian zakat fitrah merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim yang diwajibkan setahun sekali menjelang akhir bulan Ramadhan. Danramil 06 Nguling, Kapten Arh Iswanto, menuturkan jika zakat fitrah adalah bagian kesempurnaan dari ibadah puasa sebulan penuh.

“Mengeluarkan zakat fitrah adalah merupakan salah satu ibadah yang berfungsi untuk mensucikan ibadah puasa seorang muslim dan menyempurnakannya. Dan harus dikeluarkan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri dimulai. Karena, boleh jadi dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini kita boleh jadi banyak melakukan kesalahan. Dengan dikeluarkannya zakat fitrah, Insyaallah kita bisa menyempurnakan dan mensucikan kesalahan tersebut.” terang Danramil.

Dengan pembagian zakat fitrah ini, Danramil Nguling berharap bisa membantu meringankan beban kebutuhan warga miskin dan kurang mampu.

Sementara itu, di tempat terpisah. anggota yang mewakili Danramil 06 Nguling menyerahkan zakat fitrah ke warga yang berhak menerima di sekitar wilayah Makoramil.

Salah satu warga penerima zakat fitrah mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI, khususnya Koramil 06 Nguling yang mana sangat peduli terhadap warga yang kurang mampu seperti kami ini. “Dengan pemberian zakat fitrah ini, kami mengucapkan banyak terima kasih,” ujar salah satu penerima zakat.

  • Bagikan