Darmadi Akhirnya Terpilih jadi Ketua DPRD Kabupaten Malang Definitif - Tugujatim.id

Darmadi Akhirnya Terpilih jadi Ketua DPRD Kabupaten Malang Definitif

  • Bagikan
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang sekaligus Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Darmadi. (Foto: Rizal Adhi Pratama/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang sekaligus Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Darmadi. (Foto: Rizal Adhi Pratama/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kursi Ketua DPRD Kabupaten Malang sebentar lagi tak akan kosong lagi. Pasalnya, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang sekaligus Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Darmadi, telah dipilih menjadi Ketua DPRD definitif. Keputusan ini membuat Darmadi cepat atau lambat akan menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Sebagai informasi, setelah Ketua DPRD Kabupaten Malang sebelumnya, Didik Gatot Subroto, terpilih sebagai Wakil Bupati Malang mendampingi Bupati Malang, Muhammad Sanusi, praktis kursi Ketua DPRD Kabupaten Malang kosong dan untuk sementara diduduki Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Shodikul Amin.

Keputusan Darmadi menjadi Ketua DPRD Kabupaten Malang definitf tersebut diterangkan oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto.

“Surat Keputusan dari DPP sudah turun, dan akan diberikan kesempatan kepada Pak Darmadi. Selanjutnya setelah SK Gubernur turun, ada satu mekanisme lagi yang harus disiapkan, kita akan meminta Sekretariat DPRD kepada Kepala Pengadilan sebagai wakil Bu Gubernur untuk melaksanakan pelantikan,” terang Didik saat dikonfirmasi, Selasa (06/04/2021).

Rencananya, Darmadi akan resmi menjabat Ketua DPRD Kabupaten Malang paling lambat pada minggu depan.

Lebih lanjut, Didik menjelaskan jika pemilihan Ketua DPRD Kabupaten Malang dilaksanakan sesuai dengan AD/ART DPP PDIP.

“Syarat untuk masuk bursa Ketua DPRD Kabupaten Malang harus merupakan bagian struktural KSB (ketua, sekretaris, bendahara). Kemudian ada kewajiban kedua, mereka minimal sudah menjabat satu periode,” tegasnya.

“Dan yang menjadi catatan atau bagian indikator, seseorang itu bisa diberikan ruang untuk bisa mengganti pimpinan. Tapi, kewenangan sepenuhnya ada di tangan DPP PDIP. Kemarin selainPak Darmadi, ada Bu Tutik Yunarni, ada Pak Busilan, itu kita usulkan semuanya,” imbuhnya.

Dan terpilihlah Darmadi sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang Definitif sendiri tak luput dari track recordnya yang bagus selama ini.

“Pak Darmadi dicatat oleh DPP, DPD, dan DPC bahwa dia masih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai Sekretaris DPC, sebagai ketua komisi dan sebagai anggota fraksi,” pungkasnya.

  • Bagikan