Dengarkan Musik? Ini 6 Manfaatnya bagi Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi mendengarkan musik untuk kesehatan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi mendengarkan musik untuk kesehatan. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Barangkali bagi sebagian orang, mendengarkan musik dapat meningkatkan kualitas hari menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga dapat merasakan emosi seperti sedih, bahagia, jatuh cinta, maupun marah. Penelitian pun menunjukkan jika mendengarkan musik dapat menghasilkan hormon kesenangan seperti norepinefrin dan melatonin. Musik juga dapat memberikan pengaruh positif bagi kesehatan mental dan fisik juga lho!

Dilansir dari North Shore University Heath System, terapi musik dapat digunakan untuk meningkatkan pengobatan konvensional berbagai penyakit fisik dan mental. Simak ya!

1. Berpengaruh pada Kesehatan Jantung

Penelitian menyebutkan bahwa aliran darah menjadi lancar saat mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan hormon kortisol atau hormon stres, serta berpengaruh meningkatkan kadar serotonin dan endorfin dalam darah.

2. Meningkatkan Mood

Musik dapat meningkatkan produksi hormon dopamin di otak. Peningkatan produksi dopamin ini membantu meredakan perasaan cemas dan depresi. Musik diproses langsung oleh amigdala, yaitu bagian otak yang terlibat dalam suasana hati dan emosi. Selain itu, musik juga dapat mengurangi gejala depresi.

3. Mengurangi Stres

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan hormon kortisol saat mendengarkan musik.

4. Memulihkan Ingatan

Orang yang menderita penyakit alzheimer atau demensia mungkin dapat mengembalikan beberapa ingatan melalui terapi musik. Para ilmuwan percaya, musik merangsang area di dalam otak yang bertanggung jawab untuk emosi dan memori jangka panjang. Dengan terapi musik, penderita  dimungkinkan untuk memulihkan ingatan.

5. Mengelola Rasa Sakit

Dengan mengurangi tingkat stres dan memberikan stimulus yang kuat pada sinyal rasa sakit yang masuk ke otak, terapi musik dapat membantu dalam pengelolaan rasa sakit. Musik juga dapat membantu mengurangi intensitas rasa nyeri, terutama pada perawatan geriatri, perawatan intensif, dan pengobatan paliatif.

6. Membantu Penurunan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan agar lebih ideal, mendengarkan soft music saat makan dapat membantu memperlambat makan sehingga konsumsi makanan akan jauh lebih sedikit dari biasanya.

Baca Juga:

  • Bagikan