Di Balik Mundurnya Jeff Bezos dari Posisi CEO Amazon

  • Bagikan
Eks CEO Amazon, Jeff Bezos bersama aktor Dwayne Johnson alias The Rock. (Foto: Instagram/Jeff Bezos) tugu jatim
Eks CEO Amazon, Jeff Bezos bersama aktor Dwayne Johnson alias The Rock. (Foto: Instagram/Jeff Bezos)

AMERIKA SERIKAT, Tugujatim.id РJeff Bezos, resmi mengundurkan diri sebagai CEO Amazon tepat di hari jadi ke-27 Amazon, Senin (5/7/2021) lalu. Bezos, diketahui menyerahkan  tugas sehari-hari kepada Andy Jassy. Tetapi, melansir dari NPR, dirinya dipastikan akan terus memegang kekuasaan yang cukup besar sebagai ketua eksekutif perusahaan.

Untuk diketahui, Bezos mengubah Amazon dari sebuah startup yang menjual buku online menjadi pengecer online terbesar di dunia. Amazon sekarang memimpin bisnis yang cukup besar di toko grosis, komputasi awan, perangkat pintar, membuat film, dan bahkan fashion.

Jeff Bezos Rencana Eksplorasi Luar Angkasa?

Bezos memberitahu karyawannya awal tahun ini bahwa ia akan menyerahkan kendali kepada Jassy lantaran dirinya akan fokus pada proyek lain. Yakni seperti kegiatan filantropi yang menangani perubahan iklim dan perusahaan eksplorasi ruang angkasanya, Blue Origin.

“Jeff tidak akan benar-benar pergi,” ujar Brian Olsavsky, Chief Financial Officer Amazon, mengatakan kepada wartawan pada bulan Februari lalu.

Menurunya, bahwa keputusan mundurnya Jeff Bezos karena keputusan dari perusahaan sendiri.

“Keputusan ini merupakan restrukturisasi tugas,” imbuhnya

Transisi ini terjadi pada saat yang sangat penting bagi Amazon. Pergeseran pandemi ke pekerjaan jarak jauh adalah keuntungan besar bagi perusahaan, melonjaknya keuntungan karena orang Amerika yang tinggal di rumah berbelanja lebih banyak secara online dan menuntut sumber daya komputasi awan tambahan.

Menurut BBC, akhir bulan ini Bezos bertujuan untuk terbang ke luar angkasa dengan penerbangan awak pertama yang dibuat oleh Blue Origin. Sebuah petisi untuk tidak mengizinkannya kembali ke Bumi telah mengumpulkan hampir 150.000 tanda tangan.

Tuduhan Tidak Bayar Pajak dan Gerakan Serikat Pekerja

Memang, bisa dibilang cukup banyak orang mengkritik Bezos. ProPublica  mengklaim telah melihat pengembalian pajak Bezos, dan menuduh Bezos tidak membayar pajak pada tahun 2007 dan 2011. Sebuah klaim yang menakjubkan tentang orang terkaya di dunia.

Banyak cerita negatif lainnya tentang Amazon seperti kekejamannya atau klaimnya atas perilaku monopolistik.

Dalam laporan artikel BBC International, ada upaya gagal dari pekerja Amazon di Bessemer, Alabama, untuk membentuk serikat pekerja. Di mana banyak pekerja yang mengatakan bahwa mereka merasa seperti “roda gigi dalam mesin”. Orang lain akan menggambarkan perasaan “terus-menerus dipantau.”

Tapi suka atau benci dia, Bezos merupakan pemimpin yang sangat cerdas dan cakap. Ia telah mengubah cara perusahaan di seluruh dunia beroperasi.

  • Bagikan