Dinkes Target Herd Immunity di Kota Malang Terbentuk pada Agustus 2021

  • Bagikan
Forkopimda Kota Malang melaksanakan rakor penanganan Covid-19, termasuk membahas seputar percepatan vaksinasi. (Foto:Rubianto/Tugu Jatim)
Forkopimda Kota Malang melaksanakan rakor penanganan Covid-19, termasuk membahas seputar percepatan vaksinasi. (Foto:Rubianto/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Husnul Muarif menyebutkan, perkiraan herd immunity di Kota Malang harus sudah terbentuk pada Agustus 2021. Dengan catatan, vaksinasi yang dilakukan telah menyentuh angka 70 persen populasi.

Hingga saat ini, sudah ada 216 ribu warga di Kota Malang yang sudah divaksin. Jumlah ini akan terus bertambah seiring percepatan vaksin yang dilakukan demi mengejar herd immunity.

”Kalau target terakhir sebanyak 70 persen dari populasi untuk mencapai herd immunity itu ada sekitar 550 ribu orang,” terangnya saat dihubungi Rabu (07/07/2021).

Sementara itu, jumlah warga Kota Malang sendiri ada sekitar 800 ribu jiwa lebih. Dan saat ini yang sudah tervaksin masih sekitar 216 ribu orang. Dari sekitar 64 ribu dosis vaksin yang tersisa, Husnul menargetkan vaksinasi bisa menyentuh 70 persen populasinya di pekan ini.

”Kami harap proses percepatan vaksinasi berjalan lancar. Masyarakat juga perlu tahu bahwa vaksin ini aman dan halal,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Malang Sutiaji sendiri juga berkomitmen untuk percepatan vaksinasi agar segera membentuk herd immunity di Kota Malang. Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar vaksinasi massal dengan konsep drive thru.

”Mungkin pekan depan bisa kami gelar di beberapa titik seperti Stadion Gajayana, GOR Ken Arok, atau di Mini Block Office pada Sabtu dan Minggu,” ungkapnya.

Percepatan vaksinasi ini seiring dengan rencana Provinsi Jatim yang akan memberi satu juta dosis vaksin dari pemerintah pusat. Dia menambahkan, ketersediaan vaksin ini tentu langkah percepatan vaksinasi agar terus berjalan.

  • Bagikan