Dicari, 12 Ribu Relawan Duta Covid-19 Kota Malang - Tugujatim.id

Dicari, 12 Ribu Relawan Duta Covid-19 Kota Malang

  • Bagikan
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto:Azmy/Tugu Jatim)
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto:Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemkot Malang sedang menyiapkan 12 ribu relawan duta penanganan Covid-19 di tengah situasi darurat kesehatan ini. Puluhan ribu relawan ini akan diterjunkan untuk membantu penanganan di masing-masing wilayah RT-RW.

Menurut Wali Kota Malang Sutiaji, hal ini sudah disampaikan kepada Kementerian Kesehatan. Duta Covid-19 nanti kerjanya kurang lebih akan memantau pengawasan mobilitas masyarakat di tingkat RT-RW.

”Nanti di setiap RT itu setidaknya ada 3 relawan yang akan mendata, menilai, dan memantau mobilitas masyarakat. Termasuk aspek kebutuhan kesehatan warga juga dipantau,” jelas dia, Kamis (29/07/2021).

Selain itu, para relawan ini juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait langkah preventif penanggulangan wabah. Ini seiring dengan langkah Pemkot Malang memperkuat PPKM Mikro.

Keberadaan relawan ini juga untuk mengurangi beban para garda terdepan penanganan, mulai dari tenaga kesehatan, pemulasaraan, dan lain-lainnya. Dengan begitu, upaya pengendaliannya bisa terdesentralisasi.

”Para relawan ini juga diharapkan membantu mengedukasi warga mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” imbuhnya.

Sebagai informasi, jumlah akumulatif warga yang terserang Covid-19 di Kota Malang sebanyak 10.609 orang. Rinciannya, 6.826 orang sembuh, 761 orang meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri (isoman).

  • Bagikan