Diduga Dibangun Abad 13-14 Masehi, Relief Candi di Prigen Pasuruan Mirip Candi Jago dan Keboireng

Relief candi di Prigen. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Penampakan temuan situs candi di Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, pasca ekskavasi. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – BPCB Jatim terus meriset terkait temuan relief candi di Prigen, tepatnya di Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Meski belum ada kepastian periodesasi situs candi dari peninggal kerajaan apa, tapi BPCB Jatim berhasil mengungkap fakta baru.

Arkeolog BPCB Jatim Albertus Agung Vidi memperkirakan relief candi di Prigen, temuan warga di Desa Sukoreno, itu diperkirakan dibangun antara abad 13 hingga 14 Masehi.

“Kalau dibandingkan gaya ornamennya, sejauh ini masih dugaannya dari sekitar abad 13 sampai 14 Masehi, ” ujar Vidi saat dikonfirmasi pada Senin (21/11/2022).

Vidi menjelaskan beberapa relief candi di Prigen yang punya pembanding di antaranya corak bermodel wayang. Di mana relief wayang di situs candi Desa Sukoreno itu mirip dengan yang ada di Candi Jago peninggalan Kerajaan Singhasari di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

“Ada relief model wayang, itu mirip Candi Jago,” jelasnya.

Selain itu, ada pula relief berbentuk mata satu dari kala atau raksasa yang dinamakan ekanetra yang sebagian besar masih terkubur. Menurut Vidi, relief ekanetra ini memiliki kemiripan dengan dua candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Yakni, Candi Keboireng di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan; dan Candi Jabung di Kecamatan Paiton, Probolinggo.

“Ekanetra ini bentuknya sudah disamarkan, mirip bundaran obat nyamuk tapi dibuat kotak, memang masih terkubur, tapi profilnya sudah kelihatan,” ungkapnya.

Meski begitu, BPCB Jatim masih belum memastikan temuan candi di Desa Sukoreno itu dibangun di masa kerajaan apa. Untuk mengungkapnya diperlukan ekskavasi dan riset lanjutan.

“Memang banyak temuan, tapi kalau untuk peninggalan kerajaan mana, kami belum bisa berasumsi,” ujarnya.