Dihuni ODGJ, Rumah di Bojonegoro Kebakaran hingga Rugi Rp 300 Juta - Tugujatim.id

Dihuni ODGJ, Rumah di Bojonegoro Kebakaran hingga Rugi Rp 300 Juta

  • Bagikan
Rumah warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, tampak ludes terbakar pada Rabu dini hari (04/08/2021). (Foto: Damkar Bojonegoro/Tugu Jatim)
Rumah warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, tampak ludes terbakar pada Rabu dini hari (04/08/2021). (Foto: Damkar Bojonegoro)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Si jago merah melalap rumah kayu yang dihuni Anas, 45, warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu dini hari (04/08/2021). Kebakaran yang menimpa rumah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) ini mengakibatkan kerugian hingga Rp 300 juta.

Kabid Pemadam dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro Ahmad Adi Winarto mengatakan, kebakaran kali ini menimpa rumah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) hingga merembet ke rumah warga lainnya. Dia melanjutkan, penyebabnya berasal dari putung rokok.

Api tampak meluluhlantakan rumah warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, ini pada Rabu dini hari (04/08/2021). (Foto: Damkar Bojonegoro/Tugu Jatim)
Api tampak meluluhlantakan rumah warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, ini pada Rabu dini hari (04/08/2021). (Foto: Damkar Bojonegoro)

“Dari rumah saudara Anas, api di putung rokok menjalar ke kasur,” kata Adi.

Tak hanya itu, kebakaran yang terjadi pada pukul 02.13 WIB itu menjalar ke rumah warga lainnya bernama Mahtuq, 32. Adi menegaskan, total rumah yang terbakar meliputi rumah yang dihuni Anas dan Mahtuq. Keduanya mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

“Rumah kosong yang terbuat dari kayu yang dihuni saudara Anas (ODGJ, red) dengan luas bangunan kurang lebih 100 meter itu rugi hingga Rp 300 juta,” jelas Adi.

Kebakaran rumah yang dihuni Anas, 45; dan Mahtuq, 32, warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, ini terjadi pada Rabu dini hari (04/08/2021). (Foto: Damkar Bojonegoro/Tugu Jatim)
Kebakaran rumah yang dihuni Anas, 45; dan Mahtuq, 32, warga Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, ini terjadi pada Rabu dini hari (04/08/2021). (Foto: Damkar Bojonegoro)

Sementara itu, dia mengatakan, rumah milik Mahtuq mengalami kerugian sebesar Rp 200 juta yang meliputi rumah 40 meter dengan 4 lemari, gabah, dan juga surat-surat penting di dalamnya.

“Yang bisa diselamatkan hanya sepeda motor,” tuturnya.

Dalam kejadian ini, Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro mengerahkan 16 personel, meliputi 5 personel dari Pos Baureno dan 11 personel dari Pos Kota. Pemadaman dilakukan dengan 4 unit armada, yaitu 2 unit dari Pos Baureno dan 2 unit dari Pos Kota. Selain itu, pihaknya juga dibantu Koramil Kanor, Polsek Kanor, perangkat desa, dan warga setempat.

Adi melanjutkan, api akhirnya bisa dipadamkan pada pukul 04.15 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,”ujarnya.

  • Bagikan