Diskumdag Kota Batu Optimistis Penjualan Produk UMKM Meningkat 40 Persen dengan Pemasaran Online - Tugujatim.id

Diskumdag Kota Batu Optimistis Penjualan Produk UMKM Meningkat 40 Persen dengan Pemasaran Online

  • Bagikan
Forkopimda Kota Batu saat mengunjungi pameran UMKM di Lippo Plaza Kota Batu. (Foto: M Sholeh/Tugu Jatim)
Forkopimda Kota Batu saat mengunjungi pameran UMKM di Lippo Plaza Kota Batu. (Foto: M Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Pasar online menjadi pilihan masyarakat dalam berbelanja di masa larangan mudik dan pembatasan mobilitas masyarakat. Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu optimistis jika penjualan produk UMKM Kota Batu bakal meningkat melalui pemasaran online. Bahkan, pihaknya memperkirakan akan ada kenaikan hingga 40 persen.

Kasi Pengembangan Usaha Mikro Industri Kecil dan Menengah, Diskumdag Kota Batu, Andry Yunanto menjelaskan daya beli masyarakat terhadap produk UMKM tengah meningkat dalam pembelian secara online.

“Di momen lebaran ini kami optimis omset penjualan bisa meningkat. Meski tidak bisa naik seperti sebelum ada pandemi. Kami memprediksi, akan ada peningkatan sekitar 30 hingga 40 persen,” tuturnya.

Menurutnya, perdagangan secara online menjadi pilihan terbaik dalam menyikapi situasi saat ini. Dimana kegiatan wisata di Kota Batu diperbolehkan meski mobilitas masyarakat dibatasi dalam masa libur lebaran tahun ini.

Dia mengimbau, agar masyarakat Kota Batu bangga dengan produk lokal. Sehingga keberlangsungan UMKM Kota Batu tetap terjaga meski dalam masa sulit.

“Jika kita bangga dengan produk lokal tentunya akan membeli produk produk dari tetangga terdekat yang kemudian akan berdampak pada peningkatan perekonomian,” ucapnya.

Meski dianjurkan memasarkan produk secara online, pelaku usaha UMKM juga dianjurkan untuk tetap memasarkan produknya secara offline.

Disebutkan, pihaknya juga telah membuka jalan dengan bekerja sama dengan perhotelan dan kafe di Kota Batu untuk menyediakan pokok UMKM. Dikatakan, pelaku usaha UMKM Kota Batu bisa memanfaatkan peluang tersebut secara gratis.

“Kami juga menyediakan rak display yang dipajang di restoran dan hotel. Sehingga wisatawan yang hendak membeli bisa lebih mudah,” ujarnya.

  • Bagikan