Doa Keselamatan dan Keberkahan yang Dianjurkan Rasulullah SAW - Tugujatim.id

Doa Keselamatan dan Keberkahan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

  • Bagikan
Ilustrasi sedang berdoa. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi sedang berdoa. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Bekerja mencari nafkah merupakan salah satu bentuk dari ibadah. Namun, sebelum melakukan aktivitas itu, sebagai umat yang beragama, semua dianjurkan berdoa untuk meminta keselamatan dan keberkahan rezeki. Sebab, doa yang dikumandangkan bisa mengubah takdir dan membuka pintu rezeki.

Seperti Sabda Rasulullah SAW:

“Hanyalah doa yang mengubah takdir, dan hanyalah kebaktian yang bisa menambah usia. Dan sesungguhnya lantaran perbuatan dosanya, rezeki seseorang menjadi tertutup.” (HR Ahmad)

Berikut doa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW sebelum beraktivitas:

اللَّهُمَّ إِنِّي أجبتُ دعوتَك، وصليتُ فريضتك، وانتشرت كما أمرتني، فَارْزُقْنِي مِنْ فَضْلِكَ، وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Allahumma inni ujibat da’wataka washolaitu faridhotuka wantasyirot kamaa amartani farzuqnii min fadlika wa anta khoirur raaziqiin

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku menyukai seruanmu, dan aku telah kerjakan salat yang Engkau fardukan serta aku akan menebar sebagaimana yang telah Engkau perintahkan, maka berilah hamba rezeki dari karunia-Mu, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi rezeki.

Bacaan doa lainnya:

Allaahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’alta Sahlaan, Wa-anta Taj’alul Hazna In-syai’ta Sahlaa.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan sesuatu itu mudah dan Engkaulah yang menjadikan sesuatu yang susah itu menjadi mudah.”

Doa berikut yang bisa diamalkan yakni:

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau Maha Mendengar Lagi Mengetahui. Semoga Allah melimpahkan salawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya”.

 

  • Bagikan