Tips Jualan Laris Manis lewat Instagram - Tugujatim.id

Tips Jualan Laris Manis lewat Instagram

  • Bagikan
Ilustrasi berjualan lewat Instagram. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi berjualan lewat Instagram. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Salah satu cara untuk menghasilkan uang yaitu dengan berjualan. Tapi, aktivitas berjualan ini juga mengikuti perkembangan zaman lho. Sebab, majunya teknologi membuat berniaga atau aktivitas jual-beli tidak hanya dilakukan secara tatap muka, tapi bisa memakai e-commerce atau media sosial, salah satunya Instagram. Tugu Jatim pun merangkum beberapa tips agar jualan Anda makin laris manis melalui media sosial Instagram. Inilah tips-tipsnya:

1. Tentukan Target Jualannya

Menentukan target pembeli merupakan langkah awal yang amat penting agar dagangan dan barang yang Anda jual di media sosial dapat sampai ke orang yang memang membutuhkan barang-barang tersebut. Apakah target pasar Anda remaja, orang dewasa, atau bisa juga berdasarkan kelas-kelas pendidikan, ekonomi, atau sosial tertentu. Tergantung barang apa yang akan Anda jual.

2. Buat Akun Khusus Bisnis

Setelah menentukan dan menemukan target pasar, Anda perlu mempunyai akun bisnis juga. Agar dagangan Anda dapat dipasarkan secara optimal dengan bantuan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh akun bisnis. Kadang ada semacam perbedaan antara akun reguler/personal dan akun bisnis di Instagram. Hal itu perlu dipelajari juga demi kelancaran barang dagangan Anda.

3. Buat Konten yang Menarik

Setelah punya target pasar dan akun bisnis, berikutnya masuk ke dalam konten jualan yang ditampilkan di feed Instagram. Buatlah desain-desain menarik, bersih, minimalis, dan kekinian. Desain yang tidak kudet sesuai perkembangan pasar dan target jualan Anda. Jangan sampai membuat pengunjung toko online sudah tidak tertarik sejak awal karena desain yang ditampilkan membuat mata pusing.

4. Perbanyak Followers IG

Ada beberapa hal lagi yang perlu diupayakan. Yakni, menambah followers Instagram sebagai tujuan utama penjualan, banyak cara untuk menambahnya seperti membuat giveaway dengan salah satu syaratnya mem-follow akun bisnis Anda. Ada juga cara lain dengan mempromosikan melalui akun Instagram lain yang berjenis sama dengan akun jualan Anda, dan lain-lain. Carilah cara kreatif dan inovatif.

5. Gunakan Hastag yang Tepat

Hastag atau tagar juga dapat menjadi daya tarik sendiri dan faktor yang menentukan penjualan di media sosial seperti Instagram. Salah satu caranya, yakni gunakan dan cari hastag yang tepat agar target pasar juga semakin terjaring dengan baik sesuai kategori jualan Anda.

 

  • Bagikan