Donor Plasma Konvalesen Bisa Selamatkan Nyawa Orang Lain - Tugujatim.id

Donor Plasma Konvalesen Bisa Selamatkan Nyawa Orang Lain

  • Bagikan
Ilustrasi donor plasma konvalesen. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi donor plasma konvalesen. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Plasma darah konvalesen ternyata sangat penting bagi pasien positif Covid-19. Berdasarkan keterangan dr Nadia Nurotul Fuadah dari website alodokter.com, kalau plasma konvalesen ini memiliki efek terapeutik.

“Di dalamnya ada antibodi terhadap virus Covid-19 baru yang menyebabkan Covid-19 (SARS-CoV-2),” terangnya.

Karena itu, diperlukan prosedur pengambilan plasma darah dari orang yang pernah dan telah sembuh dari Covid-19, kemudian didonorkan kepada pasien yang masih terjangkit virus ini.

“Dengan pemberian plasma konvalesen ini, pasien penerima atau bisa disebut juga resipien plasma bisa mendapat kekebalan secara instan, yang membuat penyakitnya lebih cepat sembuh dan minim risikonya berkembang menjadi komplikasi yang lebih parah,” tuturnya.

Menurut dia, penerima plasma konvalesen adalah pihak yang paling merasakan manfaat utamanya. Jadi, pasien tersebut bisa survive dari penyakit Covid-19.

(Foto: Tugu Media Group/Tugu Jatim)
(Foto: Tugu Media Group)

Berdasarkan hal tersebut, Tugu Media Group berinisiatif melaksanakan kegiatan “Donor Plasma Konvalesen dari Malang untuk Indonesia” pada Kamis (12/08/2021) di Aula Kantor DPRD Kota Malang.

Sebagai informasi, gerakan sosial yang digalang Tugu Media Group via Tugu Media Peduli ini didukung oleh PMI Kota Malang, Pemkot Malang, Polresta Malang Kota, Kodim 0818 Kota Malang, OJK Malang, PT Beton Indotama Surya, PT Conbloc Indonesia Persada, PT Tugu Beton Semesta Abadi, dan sejumlah lembaga lain.

Dukungan itu mulai terlontar ketika Tugu Media Group sebelumnya menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona, perwakilan DPRD Kota Malang Wanedi.

Selain itu, juga ada pengusaha yang juga CEO PT Beton Indotama Surya Sim Putra Bradley selaku penyintas Covid-19, perwakilan PMI, dan sejumlah pemerhati plasma konvalesen lainnya.

Bahkan, dalam acara tersebut, Motivator dan Pakar Komunikasi Nasional Aqua Dwipayana ikut mendukung, bahkan langsung menyumbang Rp 10 juta untuk menjadi “modal awal” gerakan kemanusiaan dan kebajikan ini.

Bagi Anda yang ingin ikut serta dalam screening donor plasma ini, bisa mendaftar langsung kepada Fajrus di nomor WhatsApp (+62856-3616-435).

 

  • Bagikan