DPUPR Kota Batu Anggarkan Rp 1,49 Miliar untuk Perbaikan Jalur Wisata Songgoriti

  • Bagikan
Jalur Wisata Songgoriti Kota Batu yang akan diperbaiki sekaligus ditingkatkan kualitas jalannya agar wisata di kawasan tersebut meningkat. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Jalur Wisata Songgoriti Kota Batu yang akan diperbaiki sekaligus ditingkatkan kualitas jalannya agar wisata di kawasan tersebut meningkat. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu mengalokasikasikan anggaran sebesar Rp 1,49 miliar untuk perbaikan sekaligus peningkatan kualitas jalan di jalur Wisata Songgoriti. Perbaikan tersebut diharapkan bisa mendongkrak kenyamanan wisatawan dan menggaraihkan pariwisata di kawasan tersebut.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menjelaskan, pengerjaan jalan tersebut direncanakan akan dimulai pada akhir Juli 2021.

Alfi mengatakan, peningkatan jalan tersebut akan dilakukan mulai pintu masuk kawasan Wisata Songgoriti, melewati kawasan Candi Songgoriti hingga pintu keluar kawasan Wisata Songgoriti.

“Diperkirakan peningkatan jalan sepanjang empat kilometer dengan lebar empat meter. Nantinya seluruhnya akan dilapisi cairan hotmix,” ujarnya, Minggu (18/7/2021).

Dikatakan, terdapat 30 persen kerusakan di sepanjang Jalur Wisata Songgoriti itu. Untuk itu, pihaknya akan segera melakukan perbaikan demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan.

“Pengembangan pariwisata tidak bisa lepas dari dukungan jaringan infrastruktur jalan yang prima,” paparnya.

Menurutnya, dalam pengerjaan jalur tersebut juga diperlukan proses pengerasan jalan. Hal itu diperlukan lantaran jalur Wisata Songgoriti, Kota Batu rawan retak, di mana karakter tanahnya yang memang mudah bergerak dan lembab.

“Kategori tanahnya tanah gerak dan lembab karena banyak mengandung air. Terlebih kawasan ini juga sering dilewati kendaran berat,” ungkapnya.

  • Bagikan