Dr Aqua Dwipayana: Kita Harus Membangun Kredibel, Konsisten, dan Komitmen dalam Silaturahmi

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dan moderator Bincang Sociopreneur Nucholis MA Basyari selaku Pemimpin Redaksi (Pemred) tugujatim.id. (Foto: Tugu Media Group/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dan moderator Bincang Sociopreneur Nucholis MA Basyari selaku Pemimpin Redaksi (Pemred) tugujatim.id. (Foto: Tugu Media Group/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Masih di Bincang Sociopreneur yang digelar Tugu Media Group, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan bahwa dalam memulai silaturahmi itu perlu membangun konsep 3K, yaitu kredibel, komitmen dan konsisten.

Dr Aqua selalu menerapkan dan menjaga 3K dengan baik sehingga dapat dipercaya oleh banyak orang hebat. Dengan menerapkan 3K, untungnya ialah rezeki yang diperoleh juga makin lancar.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Ada konsep 3K bagaimana menjadi manusia yang ‘kredibel’ agar mendapat kepercayaan. Wardah atau Paragon selalu menjaga kredibilitas perusahaan, lalu ‘komitmen’-nya juga luar biasa. Yang berikutnya ‘konsistensi’. Minggu sore (14/02/2021), saya sempat berfoto dengan Pangdam III Siliwangi dan di sebelah ada putrinya yang kuliah di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (UI), padahal saya baru mengenalnya, kalau tidak karena kredibel, itu tidak bisa dilakukan,” terang Dr Aqua pada Tugu Jatim dalam Zoom Cloud Meeting pada Senin (15/02/2021), pukul 10.30 WIB.

Pada acara Bincang Sociopreneur dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Tugu Malang ID yang diadakan oleh tugumalang.idtugujatim.id, bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation itu, Dr Aqua menyebutkan bahwa sempat diundang untuk mengisi semua Komando Distrik Militer (Kodim) yang jumlahnya lebih dari 50 sesi motivasi dengan dihadiri oleh puluhan ribu peserta. Dia sempat takjub karena baru kenal dengan Pangdam III Siliwangi, lantas langsung dibuka pintu rezekinya.

“Beliau memberikan rezeki pada saya, minta datang di semua Kodim (Komando Distrik Militer, red). Seluruhnya ada lebih dari 50 sesi dan lebih dari puluhan ribu orang. Baru kenal langsung diberi amanah, diberi oleh panglima tertinggi di Jawa Barat. Karena kredibel, komitmen, dan konsisten itu tadi,” tuturnya.

Selain itu, Dr Aqua juga menekankan bahwa dalam era digital seperti sekarang ini untuk menjaga kredibilitas itu sangat perlu dan penting. Apalagi semua data di internet dapat dilakukan tracking dan direkam sehingga berbagai tindak tanduk dan perilaku kita pada orang lain bakal memengaruhi kelancaran amanah, kepercayaan, dan terbukanya pintu rezeki.

“Setiap orang rekam jejaknya gampang di-tracking (ditelusuri, red) dan direkam. Kalau kita bicara usaha atau bisnis, yakin kalau kita terapkan ini rezeki bakal berlimpah, amanah itu tidak bisa digantikan dengan apa pun,” lanjutnya.

Perlunya menjaga kepercayaan membuat Dr Aqua merasa amat penting karena saat kepercayaan orang lain sudah hilang akan berdampak pada reputasi dan masa depan kita. Dia juga menyampaikan nasib kita akan “selesai” jika tidak lagi dipercaya orang lain.

“Terpenting satu, kepercayaan itu dioptimalkan. Karena dengan sekali saja orang tidak percaya dengan kita, selesai kita. Cerita tentang kita akan dibeber ke mana-mana,” ucapnya pada Tugu Jatim sembari menampilkan peta konsep dalam power point presentasi saat memberikan materi.

Apabila memperoleh amanah, Dr Aqua mengatakan, perlu menjaga dan mengoptimalkan dengan adanya “action” dan “consistent” membuat orang lain dapat mempromosikan dan mengenalkan diri kita pada kerabatnya yang lain karena sudah mendapat kepercayaan.

“Kita mendapatkan amanah dioptimalkan, jadi ini yang paling penting, ‘action’ dan ‘consistent’. Bagaimana kita belajar menjadi orang yang komunikatif dalam berbisnis. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut itu luar biasa,” pesan di acara yang dimoderatori oleh Nucholis MA Basyari selaku Pemimpin Redaksi (Pemred) tugujatim.id ini.

Dalam puncak pemaparannya, dia memberikan rumus berupa 3K yang memiliki arti lain lagi. Yaitu, keahlian, kepercayaan, dan kesukaan. Apabila akan memulai bisnis dan pekerjaan perlu mencari yang sesuai keahlian sehingga dapat menjaga kepercayaan dan sesuai kesukaan agar menjalani secara tulus.

“Ada juga konsep 3K, ‘keahlian’ yang kita miliki, menjaga amanah untuk jaga ‘kepercayaan’, dan bekerja sesuai ‘kesukaan’, jadi terasa tidak ada beban karena saat melakukan jadi senang dan bergairah banget. Ingat, jangan pernah menyerah,” ujarnya. (Rangga Aji/ln)

 

  • Bagikan