Dr Aqua Dwipayana: Kredibilitas, Komitmen, dan Konsistensi, Kunci Menggapai Kesuksesan

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan buku karyanya kepada Pemimpin BRI Cabang Kelapa Gading Arully Irsan. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan buku karyanya kepada Pemimpin BRI Cabang Kelapa Gading Arully Irsan. (Foto: Dokumen)

JAKARTA, Tugujatim.id – Siapa pun kita dan apa pun profesi serta bidang pekerjaan yang ditekuni, maka untuk menggapai kesuksesan harus senantiasa mengedepankan prinsip “3K”. Ketiganya adalah Kredibilitas, Komitmen, dan Konsistensi. Pesan bernas tersebut disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang untuk kesekiankalinya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada Senin (10/05/2021).

Kali ini, doktor komunikasi jebolan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Filkom Unpad) tersebut berkesempatan berbicara di depan puluhan karyawan BRI Cabang Kelapa Gading dalam acara doa pagi.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Kegiatan yang dilakukan secara virtual tersebut menjadi berkah tersendiri menjelang berakhirnya Ramadhan serta tibanya Idul Fitri 1442 Hjiriah.

Mengawali paparannya, Dr Aqua yang telah mengumrohkan gratis lebih dari 150 orang (dan masih akan bertambah) dari penjualan buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” karyanya itu menyapa seluruh peserta yang hadir di acara tersebut.

Dr Aqua Dwipayana memotivasi pegawai BRI Cabang Kelapa Gading secara daring. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana memotivasi pegawai BRI Cabang Kelapa Gading secara daring. (Foto: Dokumen)

Dr Aqua yang merupakan anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) itu menyampaikan aspek penting dalam pelayanan kerja, yakni urgensi melaksanakan 3K. Hal itu merupakan kunci sukses dalam melakukan semua aktivitas, termasuk sebagai insan BRI.

“K” yang pertama adalah Kredibilitas. Sebagai pegawai BRI Cabang Kelapa Gading harus selalu berusaha untuk menjadi orang yang dipercaya. Apalagi bekerjanya di sektor perbankan yang mengutamakan kepercayaan.

“’K’ yang kedua adalah Komitmen. Sebagai bankir harus selalu melaksanakan janji. Tepati, jangan sampai mengingkarinya. Sehingga para nasabah dan mitra selalu memercayainya.

Dan “K” yang ketiga adalah Konsisten. Lakukan semua aktivitas terutama dalam bekerja secara konsisten. Ini sangat penting karena erat kaitan dengan kredibilitas sebagai bankir.

Lebih jauh, bapak dari Alira Vania Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menekankan bahwa siapa pun harus selalu bersyukur atas semua keadaan dan kondisi yang dialami. Itu merupakan kunci utama menggapai kebahagiaan dalam hidup. Salah satu cara untuk menunjukkan rasa syukur adalah senantiasa melakukan yang terbaik dalam bekerja.

Selanjutnya, tokoh yang selama pandemi Covid-19 justru semakin sibuk dan padat kegiatan sosial maupun Sharing Motivasi dan Komunikasi itu mengajak mereka untuk selalu bersyukur karena selama pandemi Covid-19 tetap sehat dan tidak terkena dampaknya.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dan Pemimpin BRI Cabang Kelapa Gading Arully Irsan sedang bercengkerama. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dan Pemimpin BRI Cabang Kelapa Gading Arully Irsan sedang bercengkerama. (Foto: Dokumen)

“Semuanya harus banyak bersyukur karena selama pandemi Covid-19 tetap sehat. Juga tidak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) seperti yang dialami banyak orang,” kata Dr Aqua.

Terkait dengan wujud rasa syukur ini, salah satunya caranya dengan terus meningkatkan kinerja termasuk menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah ini. Selalulah bersemangat.

Sebagai insan BRI, lanjut pria ramah dan santun kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 51 tahun lalu itu, harus selalu bersyukur karena bisa melayani banyak orang. Hal itu merupakan aktivitas yang sangat mulia.

“Kantor ini belum buka di depan sudah banyak orang yang antre untuk mendapat pelayanan. Sama dengan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang sekarang kita lakukan. Saya sangat bersyukur dan senang sekali pagi ini bisa melayani semua pegawai BRI Cabang Kelapa Gading. Saya merasa terhormat,” lanjut Dr Aqua.

Tampil Mendadak

Tampilnya Dr Aqua yang merupakan doktor Komunikasi lulusan Filkom Unpad dalam kegiatan tersebut sejatinya tidak dijadwalkan khusus. Pemimpin BRI Cabang Kelapa Gading Arully Irsan secara mendadak meminta Dr Aqua melakukan itu.

Senin pagi itu niat Dr Aqua hanya bersilaturahim kepada Rully, demikian panggilan akrab Arully Irsan. Mereka sudah lama tidak bertemu. Sejak mantan Pemimpin BRI Cabang Padang, Sumatera Barat, itu tugas di Kelapa Gading sekitar 1 tahun 4 bulan lalu, Dr Aqua belum pernah menemuinya.

Begitu Dr Aqua tiba di ruangannya, Rully spontan meminta untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya. Aktivitas serupa pernah dilakukan di Padang. Bahkan, saat seluruh pegawai BRI Cabang Padang melaksanakan gathering di Pekanbaru, Riau, Rully sekitar dua tahun lalu, mengundang Dr Aqua untuk jadi narasumber di acara tersebut.

“Pak Aqua, sebentar lagi saya mau memimpin acara doa pagi. Ini acara rutin yang dilaksanakan setiap hari kerja sebelum memulai bekerja. Saya mohon Pak Aqua berkenan untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran saya di kantor ini. Semua yang Bapak sampaikan pasti sangat bermanfaat buat kami,” demikian disampaikan Rully.

Mendapat tawaran tersebut, Dr Aqua dengan antusias langsung merespons.

“Siap Pak Rully. Dengan senang hati saya insya Allah melaksanakan permintaan Bapak untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran bapak. Terima kasih banyak Pak Rully untuk semua amanahnya,” ujar Dr Aqua.

Dalam sambutannya, Rully meminta semua pegawai untuk mencamkan semua yang disampaikan Dr Aqua. Dia juga berharap seluruh jajarannya untuk melaksanakan pesan dan motivasi yang disampaikan motivator dengan jejaring pertemanan sangat luas di dalam dan luar negeri tersebut.

“Tolong teman-teman melaksanakan semua yang disampaikan Pak Aqua. Itu terkait erat dengan upaya peningkatan kinerja kita terutama menjelang berakhirnya Ramadhan ini,” ujar Rully mengajak jajarannya.

Sekitar pukul 07.30, Rully dari ruang kerjanya memimpin acara tersebut. Diawali dengan kata pembuka yang disampaikannya. Dilanjutkan dengan laporan dari setiap bagian. Kemudian ikrar bersama sebagai penyemangat dan doa. Terakhir Sharing Komunikasi dan Motivasi.

“Pagi ini kita dapat rezeki. Kedatangan tamu yang merupakan Pakar Komunikasi dan Motivator Internasional. Beliau adalah Dr Aqua Dwipayana yang merupakan teman akrab saya. Tolong disimak semua yang disampaikannya,” pesan Rully ke semua jajarannya.

Kemudian Rully mempersilakan Dr Aqua duduk di kursinya. Puluhan jajarannya menyimak semua yang disampaikan.

The Power of Silaturahim

Sebelum pamit, Dr Aqua memberikan dua buku barunya yang masuk dalam buku Trilogi the Power of Silaturahim.

Sebelumnya Rully tahu tentang kedua buku baru itu dari kiriman tulisan yang rutin setiap hari dikirimkan Dr Aqua kepadanya.

Kedua buku itu berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Rully mengaku senang menerima kedua buku itu. Dia juga kagum dan mengapresiasi karena buku tersebut telah banyak yang laku sehingga makin banyak orang yang bakal diumrohkan dari hasil penjualan buku-buku tersebut.

Sejak diluncurkan awal Januari 2021 telah terjual sebanyak 26 ribu eksemplar. Sedangkan selama bulan Ramadhan ini berhasil dipasarkan ribuan eksemplar. Total dua buku tersebut dicetak 40 ribu eksemplar.

Sebelumnya Dr Aqua telah menerbitkan buku karyanya yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang merupakan buku pertama dari tiga buku trilogi The Power of Silaturahim. Buku tersebut diluncurkan pada 15 April 2016 bersamaan dengan promosi Doktor Komunikasi Aqua Dwipayana di Filkom Unpad Bandung. Uniknya, buku tersebut awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan buat suvenir kegiatan tersebut.

Dr Aqua Dwipayana menyampaikan materinya secara daring. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana menyampaikan materinya secara daring. (Foto: Dokumen)

Dr Aqua sengaja menulis buku itu dan dijadikan suvenir karena menghormati ratusan tamunya yang sebagian adalah para perwira tinggi dari TNI dan Polri. Bapak dua anak tersebut ingin memberikan kesan mendalam yang positif kepada semua tamunya.

Saat itu, sidang promosi doktoral Dr Aqua mencatat rekor tersendiri di Unpad karena menjadi sidang promosi doktor dengan jumlah karangan bunga terbanyak, mencapai ratusan.

Sampai saat ini, ternyata pesanan bukunya banyak sekali. Hingga sekarang sudah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Setiap cetak 20 ribu eksemplar. Buku itu masuk kategori super best seller.

Dari buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” lahirlah kemudian Gerakan Umroh The Power of Silaturahim (The POS) yang dibiayai dari hasil penjualan buku tersebut. Ketua tetap rombongan umrohnya setiap tahun adalah wartawan senior Nurcholis MA Basyari.

Bergulir sejak 2017, total jamaah The POS yang dipimpin Nurcholis itu hingga kini mencapai 167 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial-budaya, ekonomi, dan pekerjaan/profesi.

Perinciannya, POS I 2017 sebanyak 35 orang, POS II 2018 (39 orang), POS III 2019 (50 orang), dan POS IV 2020 (43 orang).

Jamaah POS IV sedianya berangkat ke Tanah Suci April 2020. Namun, keberangkatan jamaah POS IV terhadang oleh pandemi Covid-19 sehingga tertunda entah sampai kapan. Semoga saja pandemi ini cepat berakhir sehingga jamaah POS IV dapat segera menunaikan umrah ke Tanah Suci Makkah dan berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Pegawai BRI Cabang Kelapa Gading menyimak materi dari Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pegawai BRI Cabang Kelapa Gading menyimak materi dari Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Dokumen)

Kedua buku baru tersebut dan buku sebelumnya, yakni “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” memang layak dirangkaikan sebagai karya trilogi The Power of Silaturahim. Tulisan dan kisah-kisah yang termuat di dalamnya merefleksikan kisah sukses yang ditopang oleh kekuatan silaturahim.

Rully saat menjabat Pemimpin BRI Cabang Padang telah membeli ratusan buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang dibagikan ke seluruh pegawai dan para relasinya. Semua yang mendapatkan buku itu sangat senang.

Rully berencana membeli kedua buku baru karya Dr Aqua. Buku-buku tersebut akan dibagikan ke semua karyawannya.

“Untuk rencana pembelian buku-buku baru karya Pak Aqua, insya Allah segera saya kabari ke Bapak. Rencananya, saya mau membagikan kedua buku itu kepada seluruh pekerja agar meningkatkan minat baca teman-teman,” jelas Rully.

Dia menyampaikan apresiasinya kepada Dr Aqua yang dengan niat tulus mempersembahkan uang hasil penjualan buku-buku itu untuk kegiatan sosial, termasuk membiayai umroh ratusan orang.

“Terima kasih banyak Pak Aqua atas kunjungan serta Sharing Komunikasi dan Motivasinya. Luar biasa rezeki pada pagi hari ini. Menambah semangat kerja kami di BRI Cabang Jakarta Kelapa Gading menjelang akhir Ramadhan 1442 H. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan, kelancaran, dan kesehatan untuk Pak Aqua di setiap aktivitas Bapak. Aamiin YRA,” ujar Rully. (*)

  • Bagikan