Dr Aqua Dwipayana: “Strong Leadership”, Contoh Nyata Keterampilan "Soft Skill" Komunikasi - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana: “Strong Leadership”, Contoh Nyata Keterampilan “Soft Skill” Komunikasi

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat memaparkan materi dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI di Kantor Wilayah Telkom (Witel) Bogor, Jawa Barat, yang bertajuk Indonesia "Tangguh Indonesia Indonesia Tumbuh", pada Jumat (20/08/2021).(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat memaparkan materi dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI di Kantor Wilayah Telkom (Witel) Bogor, Jawa Barat, yang bertajuk Indonesia "Tangguh Indonesia Indonesia Tumbuh", pada Jumat (20/08/2021).(Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan komunikasi menjadi faktor strategis bagi perusahaan. Untuk itu “soft skill” komunikasi harus dimiliki semua karyawan. Contoh nyata dari keterampilan komunikasi yang mendasar adalah kompetensi kepemimpinan. Kepemimpinan yang kuat  atau “strong leadership” menjadi bukti konkret keterampilan komunikasi yang efektif.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegas hal tersebut dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI di Kantor Wilayah Telkom (Witel) Bogor, Jawa Barat, yang bertajuk Indonesia “Tangguh Indonesia Indonesia Tumbuh”, pada Jumat (20/08/2021). Dr Aqua menyampaikan sharing secara daring karena saat bersamaan doktor Komunikasi dari Filkom Unpad tersebut tengah berada di Kota Malang, Jawa Timur.

Atas bantuan dan kebaikan General Manager Telkom Malang, Jawa Timur, Sonny Hidayat, Dr Aqua melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di ruang kerjanya. Bahkan, menempati tempat duduknya.

“Pak Aqua Sharing Komunikasi dan Motivasinya di sini saja agar nyaman. Semuanya sudah saya siapkan. Bapak tinggal bicara saja dengan teman-teman di Witel Bogor yang dipimpin Pak Muskab,” ujar Sonny kepada Dr Aqua dengan ramah.

Bapak dua anak itu mendapat undangan langsung dari General Manager Telkom Wilayah Bogor Muskab Muzakkar untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya.

Kamis malam (19/08/2021), saat sedang ngobrol santai dengan mantan Asisten Manajer Food and Beverage Hotel The Trans Resort Seminyak Bali Noeris Achsan Asyari di resto Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya sambil menunggu Komandan Pomdam V/Brawijaya Kolonel Cpm Moh Sawi yang datang dari Madiun-setelah mengawal kunjungan kerja Presiden Jokowi-tiba-tiba General Manager Telkom Bogor Muskab Muzzakar telepon Dr Aqua. Sebelumnya laki-laki yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, itu telah beberapa kali kontak namun tidak berhasil komunikasi dengan motivator ulung tersebut.

Setelah minta izin ke Norris, Dr Aqua merespons telepon Muskab. Dengan hangat mereka saling menyapa, menanyakan kabar dan posisi saat itu.

Gen Juara

Dr Aqua menginfokan sedang di Surabaya dan lagi ngobrol sama temannya. Sedangkan Muskab masih di kantornya.

Kemudian Muskab menginfokan bahwa Jumat pagi (20/08/2021), di kantornya mengadakan acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT Ke-76 RI di Witel Bogor dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Terkait dengan itu meminta Dr Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara daring. Waktunya menyesuaikan dengan keluangan jadwal mantan wartawan di banyak media besar itu.

Setelah melihat jadwalnya yang padat, kepada Muskab, Dr Aqua menginfokan waktu luangnya pukul 10.00. Saat itu posisinya di Malang. Ada beberapa agenda silaturahim.

Agar komunikasinya lancar selama acara, tidak ada gangguan jaringan, Dr Aqua memutuskan melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasinya di Kantor Telkom Wilayah Malang. Pilihan seperti ini sering dilakukannya, terutama ketika berada di berbagai daerah.

Muskab langsung kontak koleganya General Manager Telkom Malang Sonny Hidayat. Responsnya positif sekali. Sonny menyatakan siap memfasilitasi semua kebutuhan Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi.

General Manager Telkom Bogor Muskab Muzzakar bersama Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana serta peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI di Kantor Wilayah Telkom (Witel) Bogor, Jawa Barat, yang bertajuk Indonesia "Tangguh Indonesia Indonesia Tumbuh", pada Jumat (20/08/2021).(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
General Manager Telkom Bogor Muskab Muzzakar bersama Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana serta peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI di Kantor Wilayah Telkom (Witel) Bogor, Jawa Barat, yang bertajuk Indonesia “Tangguh Indonesia Indonesia Tumbuh”, pada Jumat (20/08/2021).(Foto: Dokumen)

Kemampuan setiap pemimpin, dr Aqua melanjutkan, sangat menentukan maju mundurnya suatu perusahaan, termasuk Telkom. Untuk kemajuan organisasi dibutuhkan pemimpin yang memiliki karakter yang kuat.

“Bersyukur dan beruntunglah seluruh pegawai Telkom Bogor karena saat ini dipimpin oleh general manager yang memiliki gen juara, yaitu Pak Muskab. Beliau sudah enam kali mendapat amanah menjadi general manager. Saat tugas di Tangerang dan Jakarta Barat, dia berhasil menjadikan kantor yang dipimpinnya menjadi yang terbaik di antara Witel lain di Regional 2 Telkom Jakarta,” ujar Dr Aqua.

Setelah ini, lanjut mantan wartawan di banyak media besar tersebut, semoga kantor Witel Bogor bisa menjadi yang terbaik. Apalagi sekarang general manager-nya berpengalaman menjadikan Witel yang dipimpinnya sebagai yang terbaik.

Hadiah Buku “Super Best Seller”

Penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu juga menekankan pentingnya mengedepankan rasa bersyukur dalam berkehidupan, termasuk di bidang pekerjaan. Dampak krisis di berbagai bidang akibat merebaknya virus Covid-19 dialami oleh berbagai kalangan sehingga bahkan banyak yang harus kehilangan mata pencahariannya.

“Dalam kondisi seperti ini, para pegawai yang tidak mengalami dampak negatif berupa pemotongan gaji hingga pengurangan karyawan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) harus mensyukuri hal tersebut. Tidak semua orang pada situasi krisis seperti saat ini masih dapat menikmati gaji dan fasilitas dari perusahaan tempatnya bekerja,” papar Dr Aqua.

Selama pandemi Covid-19 ini, lanjut pembicara laris itu, alhamdulillah Telkom tidak mengalami pengaruh yang negatif, tapi sebaliknya justru positif. Hal ini harus disyukuri dengan baik. Caranya setiap karyawan bersama-sama berusaha meningkatkan terus kinerjanya untuk memajukan perusahaan.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu juga mengatakan bahwa pegawai sebagai anggota tim dalam lingkup kerja perlu didorong terus untuk melakukan 3K, yakni Kredibilitas, Komitmen, dan Konsistensi. Hal tersebut sangat penting untuk memajukan perusahaan.

“Setiap pegawai harus menempa diri menjadi individu yang kredibel atau dipercaya, komitmen yang menjadi tanggung jawab dan harus dilaksanakan secara terus-menerus. Supaya kredibel melaksanakan komitmen, jangan banyak alasan. Jadi konsisten melakukannya,” pungkas Dr Aqua.

Sementara itu, Muskab memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang luar biasa kepada penulis buku “super best seller”  The Power of Silaturahim” tersebut.

“Terima kasih pada Bapak Aqua Dwipayana. Semoga semua yang disampaikan beliau bisa kita implementasikan secara konsisten,” ujarnya.

Kegiatan tersebut disemarakkan dengan berbagai konten kegiatan, dua perlombaan pre event, tiga perlombaan event puncak seperti lomba makan kerupuk online, foto Instagram, dan lomba berpacu dalam lagu. Hingga launching Ruang Podcast.

Kepada semua pemenang lomba dan para penanya, Muskab memberikan satu dari tiga buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim. Buku tersebut berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”. (*)

  • Bagikan