Dukung Program Bank Plasma Konvalesen, Kapolsek Kedungkandang Hari Ini Ikuti Donor Plasma - Tugujatim.id

Dukung Program Bank Plasma Konvalesen, Kapolsek Kedungkandang Hari Ini Ikuti Donor Plasma

  • Bagikan
Kapolsek Kedungkandang, Kompol Yusuf Suryadi saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kota Malang, Rabu (18/8/2021). (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kapolsek Kedungkandang, Kompol Yusuf Suryadi saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kota Malang, Rabu (18/8/2021). (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kapolsek Kedungkandang, Kompol Yusuf Suryadi, hari ini melaksanakan donor plasma konvalesen melalui PMI Kota Malang usai dinyatakan lulus skrining pada acara Gerakan Donor Plasma pada 12 Agustus 2021 lalu di Aula Kantor DPRD Kota Malang yang digagas oleh Tugu Media Peduli.

Yusuf mengatakan donor plasma ini sangat dibutuhkan oleh keluarga, warga, dan masyarakat yang sedang terpapar Covid-19. Pasalnya plasma ini sangat membantu penyembuhan terhadap Covid-19.

“Artinya ini gagasan senior kita, Bapak Kapolresta Malang Kota, untuk mengagendakan seluruh anggota Polresta Malang Kota yang pernah terkonfirmasi (positif Covid-19),” ujarnya pada Rabu (18/08/2021).

“Kita diskrining dulu di kantor DPRD dulu di acara yang digagas Tugu Media Peduli tanggal 12 Agustus 2021 lalu,” sambungnya.

Dalam donor plasma yang dilakukan hari ini (18/08/2021) Yusuf mendapatkan giliran pertama.

“Saya datang ke PMI langsung, di sana luar biasa, sebelum pelaksanaan donor kami diimbau agar tidur cukup, kemudian perbanyak minum air putih, kemudian jangan makan berlemak. Itu sudah saya laksanakan, dan tadi pagi tepat pukul 10.00 WIB kami dilaksanakan donor plasma,” tuturnya.

“Alhamdulillah diapresiasi ketua dan petugas-petugas PMI dengan mengatakan bahwa donor ini sidah ditunggu-tunggu sama masyarakat. Dan kami diagendakan lagi dalam 2 minggu ke depan untuk melaksanakan donor plasma kembali,” tambahnya.

Yusuf juga mengatakan kalau pelaksanaan donor plasma konvalesen hampir sama seperti donor darah biasa.

“Kalau donor biasa kan darah kita diambil sehingga daya tahan tubuh kita minimal berkurang, tapi kalau ini cukan diambil plasmanya dan sel darah merah kita dikembalikan lagi ke tubuh kita,” ceritanya.

Kurang lebih 45 menit dengan sabar dilaksanakan olehnya. Ia juga menceritakan jalannya donor plasma konvalesen secara detail.

“Kalau tangan kita ini mengeras artinya darah kita diambil, lalu masuk ke alat yang canggih itu. Lalu setelah itu plasma sendiri keluar. Setelah penjepit lengan saya mengendur, lalu sel darah kita dikembalikan ke tubuh kita,” ungkapnya.

“Setelah donor itu tidak ada perubahan, karena petunjuk dari dokter sudah saya laksana semalam. Sehingga Alhamdulillah kondisi kita fit tadi. Hanya setelah donor kita dimintai beristirahat, tapi Alhamdulillah saya laporkan kondisi saya sehat tidak ada perubahan,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan donor ini ia mengucapkan syukur, ia juga menyampaikan pada pata penyintas baik dari masyarakat maupun Polri untuk ikut melaksanakan donor plasma. Karena menurutnya plasma konvalesen ini dibutuhkan masyarakat yang terkena Covid-19, guna membatu imun warga terkena Covid-19 dan mempercepat kesembuhan.

“Mari teman-teman penyintas Covid-19, khususnya yang saya bilang alumni Covid-19 mari kita melaksanakan donor plasma. Jangan kuatir, kota dilindungi, kita diperhatikan, kita difasilitasi, karena pelaksanaan itu pasti dilakukan screening terlebih dahulu. Syukur Alhamdulillah saya kok dinyatakan lulus dahulu, artinya daya diberikan sehat, dan sehat itu saya kembalikan kepada warga masyarakat yang terkonfirmasi positif,” pungkasnya.

  • Bagikan