Efektif Kurangi Angka Pelanggaran Lalin, Polres Batu Pasang Kamera ETLE Baru di 8 Titik - Tugujatim.id

Efektif Kurangi Angka Pelanggaran Lalin, Polres Batu Pasang Kamera ETLE Baru di 8 Titik

  • Bagikan
Kawasan tertib lalu lintas di Simpang Empat BCA Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, ini diawasi kamera ETLE. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kawasan tertib lalu lintas di Simpang Empat BCA Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, ini diawasi kamera ETLE. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Kota Batu akan semakin memperketat penegakan penerapan e-tilang atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Salah satunya dengan memperluas wilayah cakupannya di Kota Batu. Terbaru, Polres Batu bersama dinas perhubungan (dishub) akan menambah kamera ETLE di 8 titik wilayah strategis di Kota Wisata ini.

Sebelumnya, penerapan ETLE di Kota Batu sudah dimulai sejak 23 Maret 2021. Namun, hanya ada di 1 titik, yakni di Simpang Empat BCA Jalan Panglima Sudirman. Sejauh ini, hasilnya diklaim efektif.

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengatakan, sejak diberlakukannya ETLE, mulai ada penurunan angka pelanggaran lalu lintas, meski hanya di 1 titik.

”Sejauh ini dari data yang masuk, ada 3 ribuan jenis pelanggaran. Efektivitasnya cukup baik,” ujarnya pada awak media, Rabu (29/09/2021).

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Karena itu, pihaknya berencana memasang kamera ETLE ini di 8 titik lain. Namun, untuk lokasinya masih akan dikoordinasikan lebih lanjut. Ke depan, fungsi kamera ini juga akan dikembangkan. Tidak hanya merekam sejumlah pelanggaran lalu lintas, tapi juga berfungsi membantu pengungkapan tindak pidana kejahatan.

”Karena nanti juga bisa merekam wajah pengendara untuk mengungkap kasus tindak pidana,” kata pria yang akrab disapa Yogi ini.

Selain itu, lewat kamera ETLE ini juga berfungsi untuk memantau dan menghitung arus volume lalu lintas kendaraan masuk. Jika nanti dipasang di 8 titik lainnya, maka penegakan hukum bisa lebih mudah.

”Yang lebih penting lagi, dengan ETLE ini diharapkan bisa meminimalisasi penyalahgunaan wewenang petugas seperti praktik suap dan lain-lain,” tegas dia.

Terpisah, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mendukung penambahan fasilitas kamera ETLE ini. Dengan adanya peningkatan pengawasan ini, dia mengatakan, keamanan warga semakin terjamin.

”Ketika di semua tempat ada kamera ETLE ini, saya yakin keamanan warga juga terjamin, tindak kriminalitas juga bisa dipantau. Jadi, tidak hanya soal penegakan peraturan lalu lintas,” katanya.

  • Bagikan