Emil Dardak: Jangan Euforia Berlebihan Sambut Hasil Sementara Pilkada

  • Bagikan
Wagub Jatim, Emil Dardak. (Foto: Kominfo Jatim)
Wagub Jatim, Emil Dardak. (Foto: Kominfo Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistiano Dardak mengimbau masyarakat agar tidak terlalu merasa senang dan euforia berlebihan terkait hasil quick count sementara Pilkada Serentak 2020. Menurutnya, Pilkada Serentak yang digelar di 19 Kota/Kabupaten di Jatim itu masih harus menunggu hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya harap bersabar dalam menunggu hasil yang benar-benar final. Kita hormati ranah penyelenggara dan pengawas dalam melakukan penghitungan suara hasil pilkada,” kata Wagub Emil usai menghadiri rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (10/12).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Mengenang Sosok Gus Dur: Pluralisme dan Cerita Tentang Papua

Pria yang juga Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini juga berharap kepada semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak dalam menyikapi hasil-hasil sementara penghitungan cepat Pilkada dengan penuh kecermatan dan kesabaran jika mungkin hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Namun di beberapa wilayah, ada ya sudah cukup signifikan angkanya sehingga suasana – suasana kegembiraan juga sudah mulai terasa tapi jangan euforia.

“Saya mengingatkan bahwa amanah ini justru adalah tanggung jawab yang berat. Kita justru harus sikapi amanah ini dengan penuh mawas diri, rendah hati dan tentunya ya siap – siaplah untuk kemudian menjalankan tugas dengan baik,” harap mantan Bupati Trenggalek ini.

Selain itu, bagi para pihak yang merasa kurang puas dengan hasil sementara penghitungan suara Pilkada, Emil berharap tetap menghormati betul proses-proses tahapan yang ada.

Baca Juga: Bupati Lumajang Thoriqul Haq Mengaku Positif Virus Corona

“Tentunya selalu ada ruang bagi peserta yang merasa ingin menyampaikan aspirasi atau harapannya kepada penyelenggara atau kepada pengawas terkait proses penghitungan ini,” tegasnya.

“Setiap peserta Pilkada, lanjut Wagub Jatim tentunya mempunyai hak yang sama untuk kemudian menyuarakan bahkan memproses sesuai jalur dan peraturan hukum yang berlaku,” imbuhnya. (*/gg)

  • Bagikan