Es Krim Itu Sudah Ada sejak 5.000 Tahun yang lalu, Ini Faktanya... - Tugujatim.id

Es Krim Itu Sudah Ada sejak 5.000 Tahun yang lalu, Ini Faktanya…

  • Bagikan
Ilustrasi es krim/Pixabay
Ilustrasi es krim/Pixabay

Tugujatim.id – Siapa sih yang nggak tahu dan nggak suka sama es krim? Hmmm,,,selain rasanya yang lezat, krim cokelat yang melapisi es krim biasanya juga tampak begitu menggoda dan menggoyang lidah penikmatnya.

Bahkan, kini ada beragam rasa es krim lho, mulai rasa dari buah-buahan, cokelat, keju, vanila, dan lain-lainnya. Tapi, tahukah Anda kapan es krim itu dibuat? Kali ini Tugu Jatim bakal menyajikan 5 fakta mengenai es krim, apa saja itu?

1. Es Krim Kali Pertama Ada di China pada 5.000 Tahun Lalu

Sampai saat ini, banyak yang mengira bahwa es krim kali pertama muncul di Italia. Namun, fakta sesungguhnya mengacu pada sejarah es krim, kali pertama dibuat dan disajikan di China sekitar 5.000 tahun lalu. Pada saat itu, orang China membuat es krim dari campuran susu dan beras.

2. Bahan Es Krim Pertama yang Dipakai Adalah Susu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahan dasar kali pertama pembuatan es krim ialah susu. Kadang juga dicampur dengan bahan-bahan lain yang menambah kelezatan rasanya. Seiring berkembangnya waktu, es krim kemudian dicampur dengan krim dalam adonannya. Membuat es krim dari campuran susu dan krim dimulai pada abad ke-10 Masehi lho!

3. Rasa Es Krim Kali Pertama Itu Buah-buahan

Banyak orang yang mengira bahwa rasa es krim kali pertama adalah vanila. Tapi, menurut sejarah es krim hal itu tidaklah tepat. Faktanya, rasa es krim kali pertama dibuat dengan rasa buah-buahan, bukan rasa vanila. Tapi, vanila sendiri merupakan salah satu cita rasa pertama yang diproduksi secara luas di abad ke-19 sampai sekarang.

4. Awal Mula Ada National Ice Cream Day

Apakah Anda pernah tahu National Ice Cream Day? Itu merupakan hari peringatan es krim sedunia. Dirayakan setiap Juli pada minggu ketiga di Amerika Serikat. Mengacu pada sejarah es krim, mencatat bahwa awal mula adanya National Ice Cream Day dari resolusi bersama 298 yang disponsori oleh Senator Walter Dee Huddleston dari Kentucky, 17 Mei 1948.

5. Es Krim Bikin Mood Makin Baik, Benarkah?

Semua orang sepakat bahwa es krim terbukti bisa memperbaiki mood menjadi makin baik. Hal itu karena es krim memiliki kandungan senyawa yang mampu memproduksi thrombotonin. Itu adalah hormon yang dapat mengangkat suasana hati dan mencegah mood menjadi buruk. Hormon itu juga bisa mengurangi tingkat stres. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan