Es Teler Dempo: Kuliner Legendaris Kota Malang yang Berdiri Sejak 1987

  • Bagikan
Kedai Es Teler Dempo No 7 yang begitu legendaris di Kota Malang. (Foto: Feni/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kedai Es Teler Dempo No 7 yang begitu legendaris di Kota Malang. (Foto: Feni/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kedai Es Teler Dempo No 7 atau biasa disebut Es Teler Dempo, begitulah salah satu kuliner yang bisa dibilang ‘legendaris’ asal Kota Malang. Beridiri sejak tahun 1987, kedai es ini selalu tak pernah sepi dari pelanggan. Untuk kelezatannya, tentu saja tak perlu diragukan lagi.

Nama Dempo dari nama es teler ini sendiri karena lokasinya tepat di belakang bangunan SMA Katolik Santo Albertus atau biasa dikenal sebagai SMA Dempo. Tentu saja, kedai es ini otomatis menjadikan favorit para pelajar.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Kedai Es Teler Dempo No 7 ini biasanya buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

Jika ditelaah berdasarkan sejarahnya, kedai es ini sudah ada sejak tahun 1978. Di mana juga menghadirkan sederet menu menyegarkan seperti mocca durian dan teler durian seharga Rp 20 ribu. Kemudian es durian seharga Rp16 ribu.

Sedangkan untuk es mocca, es teller, es buah, es campur, es kacang hijau dijual Rp 10 ribu rupiah. Dan es degan seharga Rp 7 rupiah.

Pemilik depot generasi kedua, Sri Wahyuni, menuturkan jika ada dua menu yang menjadi favorit para pelanggan.

“Paling laris itu es teler durian sama mocca durian. Kalau pelanggan dari luar kota paling suka mocca durian karena itu (menu) yang paling lama,” katanya.

Ya, selama hampir 43 tahun, lanjut Sri, beberapa pelanggan setia menilai Es Teler Dempo menghadirkan rasa yang tidak pernah berubah hingga sekarang.

Sejatinya, sajian es di tempat ini tak jauh berbeda dengan es teler lainnya. Sebab, seporsi es segar ini disajikan dalam mangkok yang terdiri dari buah alpukat, nangka, degan, gula jawa, dan susu kental sebagai pelengkap.

Baca Juga: Orang Kaya Punya Kesempatan Lebih Sukses? Apa Benar?

Pun, sensasi kesegarannya makin istimewa tatkala pembeli memesan tambahan durian dengan ukuran besar. Ataupun es mocca durian. Si menu andalan yang terdiri dari serutan es yang dicampur dengan durian dan alpukat serta di siram sirup mocca sebagai pelengkap.

Sungguh, kualitas rasanya tak perlu diragukan lagi. Rasa manis dan segarnya berkumpul jadi satu. Hingga cocok jadi teman santap di siang hari. (fen/gg)

  • Bagikan