MALANG, Tugujatim.id – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (FEB Unisma) menggelar Bootcamp Sinau Digital Marketing (Sidigi) pada 27 Juni-3 Juli 2024. Melalui Studio Marketing & Entrepreneurship (SME), FEB Unisma mengusung tema “Strategy for Marketing Promotion To Increase Engagement and Product Popularity”.
Tujuan FEB Unisma untuk mendukung fakultas ekonomi dan bisnis dalam meningkatkan kreativitas serta potensi mahasiswa dalam bidang digital marketing. Karena itu, kegiatan yang diselenggarakan oleh divisi digital marketing itu diikuti sekitar 200 peserta mahasiswa FEB dengan menghadirkan beberapa pemateri.
Studio Marketing & Entrepreneurship menghadirkan pemateri yang berpotensi di bidang pembahasan desain untuk media sosial dalam penggunaan dan implementasi feed pada kategori bisnis prototyping website pada praktik dasar penggunaan aplikasi desain Figma.
Pemateri pada Bootcamp Day 1 adalah Deny Chandra Kirana S.M. Deny yang merupakan Student Alumni Mentoring Experience Program (Samep). Sedangkan materi pada 29 Juni 2024, menghadirkan Fico Abiyu S.M selaku CEO of Aesthetic Studio sebagai narasumber.
Fico Abiyu membahas tentang pembuatan video content untuk social media dalam penggunaan dan implementasi video content kategori bisnis. Pada praktik dasar penggunaan capcut dengan durasi 45 menit dan 20 menit untuk sesi tanya jawab.
Dia memaparkan cara pembuatan konten menggunakan capcut dan mengenalkan beberapa fitur yang ada. Sebelum membuat konten hal yang perlu, dia mengatakan, yang penting diperhatikan adalah tren yang sedang ada. Pemilihan sound juga berpengaruh pada konten.
“Kami perlu menganalisis lebih dulu tren yang ada sekarang di media sosial seperti apa, karena itu akan berpotensi pada konten yang akan dibuat,” jelasnya.
Sesi ini berjalan gayeng dan menarik. Seluruh audiens merasa antusias dan dapat memahami dengan cepat setiap penjelasannya.
Fico Abiyu juga menyiapkan beberapa hadiah menarik bagi peserta yang bertanya. Hal ini membuat para peserrta yang mengikuti kegiatan merasa tidak bosan. Antusias dari para mahasiswa sangat tinggi hingga banyak beberapa pertanyaan mengenai seputar ide konten, tren, edit video di capcut, dan lain-lainnya kepada pemateri.
Sementara itu, Ketua Umum Studio Marketing & Entrepreneurship M. Bintang Widya Purnama dan ketua pelaksana Suminar Aprilia Diningsih berharap serupa. Menurut keduanya, pelatihan ini diharapkan mampu memberi manfaat di lingkup digital marketing. Program ini tercipta untuk mengedukasi dan memberikan dampak besar dalam dunia digital marketing.
Terutama, mereka mengatakan, dalam bidang sosial media prototype website, development website, dan creating video content. Mengingat, Studio Marketing & Entrepreneurship FEB Unisma juga tengah mengembangkan platform online on services edutech digital marketing.
“Dengan begitu, harapannya bisa bermanfaat pada pembelajaran digital marketing. Terutama pada platform online on services edutech digital marketing yang akan banyak memberi insight-insight di platform itu sendiri,” tambah Bintang.
Sedangkan Dekan FEB Unisma Nur Diana SE MSi CMA CBV CERA menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya bootcamp yang dinilai sangat bermanfaat bagi semua di masa akan mendatang.
Menurut dia, untuk menjadi entrepreneur, seseorang harus mempunyai intrapreneur dalam diri dan mampu mewujudkan ide-ide inovatif serta memiliki SDM yang unggul agar menjadi calon-calon pemimpin.
“Bootcamp ini sangat bermanfaat sehingga harus dikembangkan terus, jangan sampai kendor supaya bisa suistanable,” ujarnya.
Setelah memberikan sambutan, acara selanjutnya yaitu dengan penyerahan sertifikat oleh Dekan FEB Unisma kepada pemateri dilanjut acara sesi foto bersama. (adv)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Writer: Feni Yusnia
Editor: Dwi Lindawati