FK Unisma dan Portkesmas Dorong Keterlibatan Mahasiswa Kedokteran dalam Isu Kesehatan Masyarakat Sejak Dini

FK Unisma dan Portkesmas Dorong Keterlibatan Mahasiswa Kedokteran dalam Isu Kesehatan Masyarakat Sejak Dini

  • Bagikan
Acara Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa & Critical Strategy ke-X tahun 2022 oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.
Acara Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa & Critical Strategy ke-X tahun 2022 oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa & Critical Strategy ke-X tahun 2022.

Dalam acara yang berlangsung pada 15-16 Mei 2022 di ruang kuliah bersama itu menghadirkan Portal Kesehatan Masyarakat (Portkesmas). Portkesmas mendorong keterlibatan mahasiswa kedokteran dalam isu kesehatan masyarakat Malang sejak dini

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Malang, Alya Ihza Azhari, menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan kemahasiswaan ini. Karena sudah 2 tahun sebelumnya harus berlangsung secara online akibat pandemi.

“Kegiatan LKMM ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa kedokteran FK Unisma sejak tahun pertama, sehingga harapannya setelah kegiatan ini mereka dapat menggali lebih jauh ketertarikan dan keterlibatannya dari sisi kemahasiswaan,” ujar Ketua BEM FK Unisma yang juga mengapresiasi kegiatan ini.

Sementara, Basra Amru, selaku direktur eksekutif Portkesmas memberikan paparan terkait metode berpikir kritis, teknik pembuatan kajian masalah kesehatan, serta model penggerakan massa dalam penguatan kesehatan masyarakat esensial.

“Keterlibatan teman-teman mahasiswa kedokteran dalam penyelesaian isu-isu kesehatan masyarakat di daerahnya sejak dini sangat dibutuhkan. Selain dibutuhkan, proses keterlibatan tersebut juga akan menjadi pembelajaran yang membuat teman-teman lebih terampil sebagai calon tenaga kesehatan di masyarakat,” jelas Basra.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa kedokteran yang merupakan calon dokter masa depan diharapkan dapat terlibat aktif dalam penyelesaian masalah kesehatan masyarakat yang ada di Kota Malang.

Selanjutnya, seluruh peserta diberikan penugasan sebagai tindak lanjut pelatihan tersebut dalam mengurai masalah kesehatan masyarakat di Kota Malang sehingga dapat terlibat aktif dalam penyelesaian isu kesehatan masyarakat sejak dini.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan