Forkopimda Jatim Bagi Masker di Pasar Pabean Surabaya, Ingatkan Protokol Kesehatan

  • Bagikan
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. (Foto: Pemprov Jatim) tugu jatim
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. (Foto: Pemprov Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur (Jatim) mengingatkan pada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes), salah satu upaya yang dipakai oleh Forkopimda ialah membagi masker secara gratis ke masyarakat yang ada di sekitar Pasar Pabean Surabaya.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono menyampaikan bahwa pasar merupakan pusat perekonomian dan kegiatan masyarakat sehingga dipilih sebagai lokasi pembagian masker.

“Dipilihnya bagi-bagi masker di pasar atau di pusat perekonomian rakyat karena banyak orang berkumpul. Untuk itu, dirinya tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk terus patuh terhadap pelaksanaan prokes yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” terang Sekdaprov Jatim pada pewarta di Surabaya, Selasa (02/02/2021).

Langkah bagi-bagi masker dan pemantauan yang dijalankan itu untuk melihat efektivitas pelaksanaan prokes di tengah-tengah masyarakat. Utamanya untuk mengurangi penyebaran COVID-19 yang ada di Surabaya, terlebih di tingkat Jawa Timur. Hal itu juga merupakans alah satu cara untuk melakukan tindak lanjut mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap kedua sampai 08 Februari 2021 mendatang.

“Jangan lupa pakai maskernya ya pak, bu. Kalau ada pembeli, penjual harus terus dipakai maskernya (sebagai upaya untuk tetap mengingatkan penjual dan pembeli dalam menerapkan 3M, red),” pungkas Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono pada penjual, pembeli dan pewarta di Pasar Bawean Surabaya.

Sedangkan, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto juga meminta pada masyarakat untuk terus mematuhi anjuran 3M dari pemerintah yang sudah diterapkan sebagai salah satu pencegah dan pemutus rantai penyebaran COVID-19 agar angka kasus positif semakin tertekan dan menurun.

“Alhamdulillah, rata-rata masyarakat antusias dan sebagian masyarakat telah menggunakan masker. Harapannya semoga ini bisa terus berlanjut, sehingga COVID-19 bisa dikendalikan khususnya di Provinsi Jawa Timur,” pungkas Mayjend TNI Suharyanto di Pasar Bawean Surabaya.

Pelaksanaan bagi-bagi masker itu terus dijalankan selama PPKM tahap kedua berlangsung. Pembagian masker itu merupakan bentuk program kolaborasi dari Pemprov Jatim, TNI dan POLRI di minggu terakhir PPKM sampai 08 Februari 2021. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan