Hal Wajib yang Harus Diketahui Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak

  • Bagikan
Ada beberapa hal yang wajib diketahui oleh orang tua dalam mengawasi tumbuh kembang anak agar tumbuh maksimal. (Foto: Pixabay)
Ada beberapa hal yang wajib diketahui oleh orang tua dalam mengawasi tumbuh kembang anak agar tumbuh maksimal. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Anak adalah anugerah dan amanah dari Allah SWT. Untuk mensyukurinya, wajib menjaga pertumbuhan dan perkembangannya dengan penuh kasih sayang serta kesabaran. Anak adalah amanah Allah SWT paling berharga yang patut disyukuri dan wajib diasuh dan dididik yang pada akhirnya dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya.

Maka dari itu, orang tua harus menjaga dengan mendidiknya dengan sebaik-baiknya, supaya bisa hidup bahagia di akhirat. Orang tua bertanggung jawab untuk membekali anak dengan kecakapan hidup yang memadai sehingga anak-anak menjadi anak yang cakap, kompeten dan kuat.

Dilansir dalam Kompas.com Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, dr Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K) menjelaskan, pertumbuhan merupakan perubahan fisik dan peningkatan ukuran pada anak. Seperti pertumbuhan tinggi badan, gigi, hingga lingkar kepala. Sedangkan perkembangan merupakan peningkatan kompleksitas fungsi dan struktur, serta kemajuan keterampilan yang dimiliki anak untuk beradaptasi dengan lingkungan. Seperti kemampuan berbicara, duduk, berjalan, hingga berlari.

“Pertumbuhan dan perkembangan ini harus berjalan bersama-sama, karena berperan menimbulkan perubahan dalam hidup anak,” ujarnya dalam webinar RSPI: Pertumbuhan & Perkembangan Balita.

Agar lebih memahami hal apa saja yang harus diketahui orang tua dalam tumbuh kembang anak, berikut rangkuman Tugu Jatim dari berbagai sumber:

1. Mengenal periode ‘Golden Age’ anak

Periode ini berlangsung saat anak berusia 0 hingga usia 5 tahun. Pada periode golden age akan terjadi pembentukan sistem saraf dan hubungan antara sel-sel saraf yang dapat menentukan tingkat kecerdasannya. Untuk itulah ini merupakan periode penting bagi setiap anak sehingga orang tua harus benar-benar memperhatikan setiap detail kecil dalam kehidupan buah hatinya sehari-hari.

2. Memberikan asupan makanan yang bergizi

Tumbuh kembang anak yang baik dimulai dari asupan makanannya. Orang tua dianjurkan untuk selalu menyediakan makanan yang bergizi setiap hari. Di masa tumbuh kembangnya ini anak akan membutuhkan nutrisi berupa protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

3. Mengenalkan Tuhan dan tuntunan agama

Mengenalkan Tuhan dan tuntunan agama kepada si anak sejak dini sangat penting. Meski masih kecil, anak sudah harus diajarkan tentang moral, tentang mana yang baik dan mana yang buruk serta menunjukkan contoh keduanya.

4. Pengawasan ketat dari orang tua

Meskipun telah masuk usia sekolah, anak tidak boleh sepenuhnya diserahkan kepada guru. Orang tua harus tetap mengawasi dan memantau kondisi anak, sedang apa dan di mana, serta dengan siapa si anak berteman. Sebab penting bagi orang tua untuk mengenali teman-teman anaknya.

5. Memilihkan lingkungan yang baik

Meski telah dibekali dengan pendidikan yang cukup baik. Orang tua tetap pemantauan, karena tak selamanya orang tua selalu bersama anak. Sehingga lingkungan juga bisa menjadi pengaruh yang luar biasa bagi anak. Karena sejatinya, manusia dibentuk oleh dua hal, yakni buku apa yang ia baca dan lingkungan di mana ia berada. (Mochamad Abdurrochim/gg)

Referensi: kompas.com, arbaswedan.id, its.ac.id, ibudanbalita.com dll

  • Bagikan