Kirim Surat ke Kapolda Jatim, Forum Wartawan Tuban Harap Kasus Penganiayaan Jurnalis Tempo Segera Usai - Tugujatim.id

Kirim Surat ke Kapolda Jatim, Forum Wartawan Tuban Harap Kasus Penganiayaan Jurnalis Tempo Segera Usai

  • Bagikan
Sejumlah awak media di Kabupaten Tuban membubuhkan tanda tangan di atas kertas putih sebagai wujud dukungan kepada jurnalis majalah Tempo, Nurhadi yang dianiaya saat menjalankan proses kerja jurnalistiknya. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Sejumlah awak media di Kabupaten Tuban membubuhkan tanda tangan di atas kertas putih sebagai wujud dukungan kepada jurnalis majalah Tempo, Nurhadi yang dianiaya saat menjalankan proses kerja jurnalistiknya. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Hari ini (1/4/2021) surat tuntan dari Forum Wartawan Tuban untuk mengusut tuntas kasus pengeroyokan jurnalis Tempo, Nurhadi dikirimkam ke Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta.

“Semoga kasus kekerasan yang dialami Nurhadi segera selesai dan pelakunya ditangkap,” kata Edi Purnomo, Koordinator Aksi Forum Wartawan Tuban.

Selain itu, di dalam surat itu juga dilampirkan petisi kecaman terhadap kekerasan yang menimpa Nurhadi. Di mana, petisi itu ditandatangani oleh para jurnalis Tuban ketika menggelar aksi solidaritas di halaman Mapolres Tuban, Selasa pagi, (30/3/2021).

“Surat sudah kita kirim tadi, di dalamnya juga ada tanda tangan dukungan agar kasus kekerasan yang menimpa Nurhadi segera diusut secara tuntas dan terbuka,” jelas Edy Purnomo.

Ia menjelaskan, rencana awal surat tuntutan dari Forum Wartawan Tuban yang di tujukan ke Kapolda Jatim akan dititipkan ke Kapolres Tuban di saat teman-teman menggelar aksi solidaritas terhadap Nurhadi di halaman Mapolres Tuban. Namun, saat itu Kapolres tidak ada karena ada tugas ke Mabes Polri sehingga surat di bawa pulang kembali oleh teman-teman.

“Rencana awal surat tuntutan kami disampaikan bersamaan dengan aksi solidaritas,” tegas Edi Purnomo.

Sebatas diketahui, puluhan jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Tuban menggelar aksi solidaritas terhadap peristiwa penganiayaan yang menimpa jurnalis Tempo, Nurhadi, di Surabaya pada Sabtu 27 Maret 2021.

Aksi solidaritas tersebut digelar di halaman Mapolres Tuban, Selasa pagi, (30/3/2021). Dalam aksinya, para jurnalis ditemui oleh Kabag Ops Polres Tuban Kompol Budi Santoso bersama para Perwira Jabatan Utama (PJU) Polres Tuban.

Para jurnalis Tuban mengutuk aksi kekerasan terhadap wartawan dan menuntut semua pelakunya diadili serta dijatuhi hukuman sesuai hukum yang berlaku. Termasuk, mendorong Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta agar mengusut aktor intelektual dalam kasus kekerasan pada wartawan tersebut.

“Segera tangkap dan mengadili pelaku dan aktor intelektual kasus kekerasan yang menimpa Nurhadi,” ungkap Edi Purnomo.

Berikut beberapa tuntutan Forum Wartawan Tuban untuk Kapolda Jatim:

  1. Usut tuntas kasus kekerasan yang menimpa Nurhadi, wartawan Tempo yang mendapat perlakuan kekerasan saat meliput kasus dugaan korupsi di Surabaya.
  2. Segera tangkap dan mengadili pelaku dan aktor intelektual kasus kekerasan yang menimpa Nurhadi.
  3. Mendesak Polda Jatim untuk membuka kasus ini secara transparan kepada publik.
  4. Memberikan perlindungan kepada jurnalis saat melakukan tugas jurnalistik.
  5. Memastikan kekerasan terhadap jurnalis tidak terulang kembali karena perbuatan ini melanggar UU Pers nomor 40 tahun 1999.

(Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan