Ganasnya Virus Corona Varian Delta: Hanya Butuh Waktu 15 Detik untuk Menular

  • Bagikan
Ilustrasi virus corona varian delta yang diperkirakan hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk menginfeksi seseorang karena lebih ganas. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi virus corona varian Delta yang diperkirakan hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk menginfeksi seseorang karena lebih ganas. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, mengingatkan kepada penduduk dunia terkait varian baru virus corona yang lebih ganas, lebih berisiko, dan lebih menular dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya. Bahkan, penyebaran varian Delta yang pertama kali menyeruak di India ini dinyatakan bisa menular dalam hitungan 15 detik terhadap seseorang yang tidak memakai masker.

Melansir dari World Of Buzz, varian Delta ini menyebabkan pandemi Covid-19 di beberapa belahan dunia sulit dikontrol dan ditekan. Dalam artikel tersebut, setidaknya sudah sebanyak 98 negara yang harus berhadapan dengan gelombang pandemi dari varian Delta ini.

Sebagai informasi, sejauh ini, setidaknya terdapat 4 varian menular yang telah diidentifikasi. Yakni Alpha, Beta, Gamma, dan varian terbaru, Delta, yang dikatakan menyebar dengan kecepatan cepat. Bahkan, varian baruan ini dikatakan lebih menular, berbahaya, dan vaksinasi diperkirakan bakal tidak akan efektif menghadapi varian ini.

Varian Delta Hanya Butuh Waktu 15 Detik untuk Menginfeksi

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Gebreyesus menunjuk risiko varian terbaru itu terus berkembang dan bermutasi. Ini akan sangat mungkin membutuhkan evaluasi konstan dan perbaikan respon kesehatan publik.

Sementara itu, Tan Sri Dr. Noor Hisham Abdullah, Direktur Jenderal Kesehatan WHO, menyebutkan bahwa varian Delta baru bisa menyebar dalam waktu 15 detik. Hal tersebut setelah pihaknya melakukan pembandingan dengan kasus-kasus Covid-19 sebelumnya. Di mana virus baru bisa menginfeksi dalam waktu kurang dari 15 menit pada jarak satu meter.

“Publik juga harus menghindari berkumpul di daerah yang ramai atau sempit, karena infeksi masih dapat menyebar di daerah yang kurang ventilasi,” katanya di konferensi pers, Kamis (15/7/2021) lalu.

Meski demikian, Hisham juga percaya bahwa semua orang harus divaksin karena itu adalah salah satu cara untuk mencegah diri kita dari virus. Namun, masih tetap penting untuk berlatih fisik seperti olahraga ringan, berjemur, dan makan makanan sehat meskipun telah di vaksin. menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak dan pastikan penerangan di dalam ruangan yang lebih baik masih menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi infeksi dalam pandemi saat ini.

  • Bagikan