Garuda Literasi Perlebar Sayap dengan Bahasa Kita

  • Bagikan
Kegiatan yang digelar oleh Garuda Literasi dan juga Bahasa Kita secara virtual, Kamis (24/6/2021) lalu. (Foto: Dokumen/Garuda Literasi)
Kegiatan yang digelar oleh Garuda Literasi dan juga Bahasa Kita secara virtual, Kamis (24/6/2021) lalu. (Foto: Dokumen/Garuda Literasi)

Tugujatim.id – Garuda Literasi berkenalan dengan Bahasa Kita untuk belajar program literasi linguistic, Kamis (24/6/2021) lalu. Bahasa Kita menjadi portal informasi bahasa bagi penutur bahasa Indonesia, baik dari orang dalam negeri maupun luar negeri yang belajar bahasa Indonesia. Pertemuan ini digagas oleh Hendro Fujiono, Founder Fujishepherd & Associates sekaligus pembina program Garuda Literasi.

Pendekatan Garuda Literasi yang merakyat untuk anak muda, tentu membutuhkan referensi dari pakar senior di bidangnya. Bahasa Kita yang dibentuk oleh Wieke Gur dapat menjadi salah satu rujukan Bahasa bagi pengembangan program di komunitas Garuda Literasi. Istilah dan terminologi kata dapat menjadi bahan diskusi literasi, sayang jika khazanah Bahasa Indonesia luntur di tengah arus kemajuan teknologi dan disrupsi Bahasa internasional.

Pemahaman bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi generasi muda saat ini penting digalakan. “Anak muda zaman sekarang suka mencampurkan bahasa kita dengan Bahasa Inggris, misal kata download yang semestinya unduh,” ujar Wieke Gur.

Banyak manfaat yang dirasakan oleh diaspora Indonesia yang telah bertahun-tahun tinggal di luar negeri, mereka masih bisa mengikuti perkembangan Bahasa, tak lupa tren bahasa gaul anak muda.

“Momen perkenalan ini menjadi gerbang kolaborasi Garuda Literasi dan Bahasa Kita, kami di sini belajar dari Ibu Wieke dan kami berharap untuk membangun pelatihan literasi bagi anak muda yang menghadirkan tema literasi Bahasa.” jelas Hanik, CEO Garuda Literasi.

Garuda Literasi merupakan komunitas penggerak literasi dibawah Pondok Inspirasi yang memiliki visi membangun literasi hingga ke seluruh pelosok negeri, menyasar anak muda baik pelajar SMA hingga perguruan tinggi.

Garuda Literasi mendukung Gerakan Literasi Nasional, di mana mengutamakan program pelatihan literasi berbasis literasi kontekstual, yaitu literasi yang tidak hanya proses mendapatkan informasi, namun proses literasi hingga dapat menyampaikan dan menginspirasi gerakan literasi di komunitas masyarakat. Garuda literasi membangun kerja sama dengan Tugumedia dan mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pemuda. Selain itu, Garuda Literasi turut didukung oleh PT Paragon Technology and Innovation.

 

Penulis: Indah Prima D
Manajemen Yayasan Pondok Inspirasi. Sekarang berdomisili di Bogor

  • Bagikan