Siapkan Mahasiswa Masuki Dunia Karir, Pondok Inspirasi Gandeng Human Pro Development

  • Bagikan
Kegiatan kolaborasi yang digelar secara virtual antara Pondok Inspirasi dan Humanpro Development. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi bekerja sama dengan Humanpro Development dengan program career planning dengan tujuan menyiapkan mahasiswa untuk percaya diri dalam memasuki dunia karir. Dunia karir merupakan salah satu tujuan mahasiswa setelah menyelesaikan masa studinya. Pasca kampus menjadi tantangan bagi mahasiswa yang harus dipersiapkan dengan matang.

“Pondok Inspirasi berkomitmen melatih career planning mahasiswa mempersiapkan karir mereka, kali ini kami bekerja sama dengan Humanpro Development agar mereka dapat merencanakan karir dengan matang,” tutur Indah Prima Desi, Management Pondok Inspirasi.

Program pengembangan karir dikhususkan bagi member Pondok Inspirasi yang sebagian besar merupakan penerima bantuan beasiswa Bidikmisi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Career planning penting diterapkan mahasiswa sejak semester dini, agar mereka dapat merencanakan karir ke depan dengan matang. Kami dari Humanpro Development sangat senang bekerja sama dengan Pondok Inspirasi dalam program pengembangan karir ini, karena program ini searah dengan sasaran kami dalam mengembangkan soft skill mahasiswa” tutur Dina Kamalia, S.Pi., Psikolog (Co- Founder and Director of Humanpro Development).

Latar belakang Pondok Inspirasi dalam menginisiasi program pengembangan karir adalah kurangnya kepercayaan diri mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/KIP dalam bersaing di dunia kerja. Kerjasama program career planning yang akan dimulai dengan diskusi (22/6/2021) yang membahas tentang pematangan program dan memberikan arahan terkait career management.

Nurman Susantyo, S.Psi., Psikolog selaku Co-Founder & Director of Humanpro mengatakan Konsep pengembangan karir memiliki siklus yang dinamakan career management dengan komponen didalamnya yaitu big dream, market research, product process, marketing stage, applying stage, evaluation, dan product development.

Pondok Inspirasi menjadi wadah belajar keterampilan menulis ilmiah dan kepemimpinan untuk pemuda. Berdiri sejak 2013, Pondok Inspirasi telah meluluskan member yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti peraih medali di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Serta terpilih sebagai komunitas yang mendapat dukungan coaching inovasi dari PT Paragon and Innovation.

 

Penulis: Siti Iis Rupiah
Manajemen Yayasan Pondok Inspirasi, Domisili saat ini Bogor.

  • Bagikan