News  

BI Kediri Berikan Apresiasi Mitra Survei dan Liaison

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri menggelar seminar di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021).(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri menggelar seminar di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021).(Foto: Dokumen)

KEDIRI, Tugujatim.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri menggelar “Temu Responden dan Seminar, serta Penganugerahan BI Kediri Award 2021″ bertempat di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021). Kegiatan itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri Wihujeng Ayu Rengganis menyampaikan, kegiatan temu responden merupakan kegiatan tahunan sebagai wujud apresiasi dari BI Kediri atas kontribusi yang diberikan oleh seluruh mitra liaison dan survei, serta rekanan surveyor dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas untuk pengembangan perekonomian daerah.

“Temu Responden dan Penganugerahan BI Kediri Award merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan Kantor Perwakilan BI Kediri. Tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada stakeholders, yakni para pelaku usaha yang merupakan mitra liaison dan survei BI yang telah berkontribusi dalam memberikan data dan informasi yang dibutuhkan dalam merumuskan kebijakan demi pelaksanaan tugasnya untuk mendorong perekonomian daerah dan menekan laju inflasi,” kata Wihujeng Ayu Rengganis.

Selain seminar, juga menggelar Penganugerahan BI Kediri Award 2021" di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021).(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Selain seminar, juga menggelar Penganugerahan BI Kediri Award 2021″ di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021).(Foto: Dokumen)

Kegiatan temu responden 2021 disajikan dengan rangkaian seminar dalam format talkshow dengan tema “Pembiayaan Usaha di Era Digital”. Pemilihan tema ini berangkat dari gagasan bahwa saat ini pemerintah dan dunia usaha tengah berjuang untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi digital.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, di antaranya Riadi Zulfan (Kabag Perizinan Direktorat Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech-OJK), Ananditho Joko Prakoso (Area Head-Bank Mandiri Area Kediri), Iwan Supriyanto (Kepala Cabang-BRI Cabang Kediri), Stefanus Randy Gunadi (Commercial Vice President), serta Bambang Setiawan (Pelaku Usaha/Kadin Kota Kediri) dengan moderator kondang Ronal Surapradja.

“Pembiayaan merupakan faktor penting bagi sebuah usaha, baik untuk tujuan permodalan maupun investasi. Karena itu hari ini kami menghadirkan para narasumber yang merupakan perwakilan dari perbankan dan jasa keuangan digital yang tentunya memiliki kapasitas mumpuni untuk bersama-sama membahas mengenai pembiayaan usaha,” tambah Wihujeng Ayu Rengganis.

Kemeriahan Seminar dan Penganugerahan BI Kediri Award 2021" di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021).(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Kemeriahan Seminar dan Penganugerahan BI Kediri Award 2021″ di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Jatim, Rabu (10/11/2021).(Foto: Dokumen)

Dia juga menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang BI dan disempurnakan dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004, menyatakan bahwa tujuan BI adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan itu, BI mempunyai tugas. Salah satunya adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.

Dalam melaksanakan kebijakan moneter dan mencapai kestabilan nilai rupiah, BI tidak dapat bekerja sendirian, tapi membutuhkan koordinasi, sinergi, dan peran serta dari banyak pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, instansi/lembaga, perusahaan, dan masyarakat umum.

Partisipasi yang dibutuhkan adalah penyediaan data dan informasi yang akurat dan reliable sebagai dasar pengambilan keputusan kebijakan BI. Dengan adanya data yang lebih akurat, maka keputusan maupun kebijakan yang dihasilkan dapat lebih tepat sasaran.

“Ke depan kami berharap para peserta tetap bersedia merelakan waktunya untuk menjadi responden survei dan mitra liaison kami, serta terus dapat memberikan data dan informasi terkait kondisi perekonomian di daerah. Itu dapat digunakan sebagai landasan dalam perumusan kebijakan yang akurat dan kredibel. Kami berterima kasih atas kerja sama yang baik dari Bapak dan Ibu mitra liaison dan survei kami. Kami sungguh berharap agar kegiatan Temu Responden dan Seminar Kantor Perwakilan BI Kediri tahun 2021 ini dapat memberikan manfaat. Ke depannya kami terus bersama-sama dapat bersinergi dan memberikan kontribusi dalam mendorong perekonomian di daerah tercinta,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kegiatan Kantor Perwakilan BI Kediri dalam hal pengembangan UMKM, pengendalian inflasi, layanan sistem pembayaran, dan upaya pemulihan ekonomi dapat dilihat dengan mengikuti akun Instagram @bank_indonesia_kediri dan YouTube Channel Bank Indonesia Kediri. (*)